Huawei P9, teknologi kamera double 12 MP, serasa memiliki kamera DLSR dalam kantong

19 Apr 2016 19:00 14971 Hits 1 Comments
Review Huawei P9

Produk andalan terbaru dari Huawei ini bisa dipastikan adalah karya terbaik dari produsen asal China, Huawei P9 merupkanan produk keempat dari seri P, seri P sendiri dimulai dari Seri P6 yang keluar pada tahun 2013, Huawei P9 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Huawei P8, dan salah satu dari fitur unggulan Huawei P9 adalah produk ini memiliki Leical dual Camera, sehingga banyak yang baranggapan kalau Huawei P9 adalah Kamera DSLR yang bisa dimasukkan saku alias bisa kita kantongin.

Sekilas Tentang Fitur- Fitur pada Huawei P9

  1. Aluminium atau keramik body ( Unibody) artinya body pada Huawei p9 yang menyatu
  2. Chipset HiSiliconKirin 955; OCta-Core CPU (xCortex-A72 @ 2.5GHz plus 4xCortex-A53 @ 1.8GHz), Mali-T880 MP4 GPU
  3. Tersedia dua versi yaitu Ram 3 GB dengan media penyimpanan sebesar 32 GB dan RAM 4 GB dengan memori penyimpanan sebesar 64 GB.
  4. Sistem operasi yang digunakan sudah Android Marshmallow
  5. Dual kamera 12 MP Leica f/2.4 aperture; dengan kemampuan shooting video 1080 o
  6. Hybrid DualSIM sehingga media penyimpanan dapat diupgradesampai 128 GB.
  7. Cat. 6 LTE (300/50Mbps); dual-band Wi-Fi a/b/g/n/ac, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct; Bluetooth 4.2 LE; NFC; GPS/GLONASS/Beidou; USB Type-C
  8. Baterai berkapasitas 3000 mAh Li- Ion

 

Desain bagian Luar dari Huawei P9

Huawei P9 memiliki dua jenis desain pilihan, yaitu dengan bahan keramik putih atau dengan aluminium kelas aerospace. Edisi keramik sendiri terkesan berkelas dan dengan desain yang tidak licin, untuk desain dari aluminium sendiri tidak begitu kalah mentereng karena memiliki tiga pilihan yaitu Prestige Gold, Rose Gold dan Mystic Silver.

Ukuran dimensi dari Huawei P9 adalah 145 x 71 x 7 mm dan memiliki berat sebesar 144 gram, P9 memiliki Bezel tipis sehingga layar dapat terlihat lebih besar. Meskipun untuk ukuran sebuah smartphone dengan ketebalan 7 mm termasuktipis akan tetapi Huawei P9 sudah memiliki kapasitas baterai yang besar yaitu 3000 mAh, akan tetapi baterai dari smartphone ini Unreplacable. Yang hanya bisa dirubah dari Huawei P9 adalah Memori SIM dan MicroSD.

 

 Tampilan Layar dari P9

 

Huawei P9 memiliki tampilan layar sebesar 5.2 Inch dengan menggunakan teknologi Full HD LCD sehigga akan membuat tampilan kontras dan ketajaman yang luar biasa. Meskipun dalam siang hari kadang dalam keadaan matahari langsung tampilan layar dari smartphone ini kurang begitu jelas. Mungkin bagi kalian resolusi 1080p dinilai masih standar akan tetapi dengan 423ppi saya rasa tampilan ini sudah cukup exelent dan luar biasa. Dan yang perlu digaris bawahi adalah walaupun menggunkan IPS – NEC LCD akan tetapi ini jauh lebih baik dari IPS LCD biasa.

Lebar dari layar ini adalah 1.7 milimeter dengan menggunakan 2.5D design, walaupun tidak menggukan teknologi OLED ( OLED hanya digunakan pada Huawei P9 Plus tentunya dengan harga yang lebih mahal). Berikut adalah gambar Perbandingan layar pada Huawei P9 pada ketika berada di bawah sinar matahari. 

Huawei P9

Kemampuan Baterai

Sebuah smartphone tanpa dukungan baterai yang mumpuni akan terasa kurang, walaupun sudah ada teknologi power bank akan tetapi seandainya kapasitas baterai bawaan masih kurang maka smartphone tersebut masih cacat.

Huawei P9 mempunyai kapasitas baterai sebesar 3000 mAh yang menyatu dengan body smartphone. P9 didukung oleh teknologi 5V/2A yang akan terisi sebesar 40 % dalam waktu hanya 30 menit. Dalam penggunaan darurat Huawei P9 juga menyediakan fitur yang disebut dengan Ultra Power Saving yang akan menurunkan resolusi telepon sampai maksimal karena mengubah resolusi menjadi 720p

Konektivitas dari Huawei P9

Konektivitas dari Huawei P9 dapat dikatakan sangat luar biasa. Dengan menggunakan Kirin 955, serta dilengkapi dengan 2G,3G  serta 4 G. serta disediakan3.5 mm Jack untuk mendengarkan music yang menyenangkan serta  USB Type C konektor yang juga digunakan sekaligus untuk isi ulang baterai.

Performa dari Huawei P9

Menggunakan Chipset Kirin 955, serta dilengkapi dnegan Octa – core dengan Cortex –A72 2.5 GHz. Perhatikan hasil tesnya dibawah ini dengan menggunakan smarphone lain yang sejenis.

Kualitas Kamera

Inilah salah satu kelebihan dari Huawei P9, yaitu memiliki dua kamera utama yang masing masing beresolusi 12 MP. Layaknya semua Smartphone kualitas unggulan, untuk meluncurkan Kamera dari P9 cukup mudah yaitu dengan menekan tombol volume dua kali danakan mengambil gambar dengan segera. Dua buah kamera smartphone ini dilengkapidengan sensor aperture  sebesar f/2.2 dan mempunyai kamera selfie atau kamera depan sebesar 8 Mp dengan aperture lebih kecil yaitu f/2.4 .

Kedua kamera dari P9 dilengkapi dengan Leica Summarit H 1:2.2/27 ASPH maksud angka tersebut adalah H menyatakan Huawei 1:22 adalah indeks aperturenya serta angka 27 menunjukkanpanjangnya full frame dalam millimeters. Sedangkan ASPH adalah singkatan dri an aspherical lens.

Ide untuk menggunakan dua buah kamera utama sebesar 12 MP ini adalah untuk memaksimalkan hasil gambar yang diambil, dengan memiliki ketebalan yang sangat tipis kamera tidak bisa maksimal. Sehingga menggunakan dua buah sensir yang akan menggabungkan dua buah gambar menjadi satu. Sehingga walaupun berkapasitas 12MP akan tetapi kualitas gambar layaknya 24 M.

Hasil Video dari Huawei P9

Kekurangan Huawei P9 adalah tidak mampunya merekam sebuah video dengan kapasitas 2160p , akan tetapi P9 mampu merekam video dengan kapasitas 1080p@60fps sehingga walaupun tidak istemewa setidaknya sudah standar untuk ukuran smartphone. Ketika Video merekam dengan 120fps maka resolusi video tersebut hanya 720p. berikut adalah contoh hasil rekaman video dengan Huawei.

 

 

User Rating

4.5
2 Ratings
5
1
1
4
1
1
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Review Huawei P9
Tags

About The Author

supriyanto 55
Expert

supriyanto

Menyukai sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From supriyanto