Adobe Illustrator CC 2014 - Fitur Apa Saja yang Berubah?

7 Dec 2014 10:00 4970 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tahun 2014 ini, Adobe merilis seri produknya dalam paket Creative Cloud 2014. Di dalam produk ini, ada salah satu produk yang banyak digunakan oleh para animator atau mereka yang senang menggambar, yakni Adobe Illustrator CC 2014 atau Adobe Illustrator Creative Cloud 2014.

Tahun 2014 ini, Adobe merilis seri produknya dalam paket Creative Cloud 2014. Di dalam produk ini, ada salah satu produk yang banyak digunakan oleh para animator atau mereka yang senang menggambar, yakni Adobe Illustrator CC 2014 atau Adobe Illustrator Creative Cloud 2014.

Program yang satu ini kini hadir dengan konsep cloud, yakni sebuah program yang memungkinkan pemakainya mengakses dan mengedit dari mana saja dengan penyimpanan Cloud Storage via akun Adobe. Lantas, apa yang menarik dari program ini? Apa saja fitur terbaru Adobe Illustrator CC 2014 dibandingkan sebelumnya?

Adobe Illustration CC 2014 dibuat untuk kemudahan para kreator dalam menciptakan suatu gambar ilustrasi. Program ini juga memungkinkan penggunanya untuk menciptakan suatu tokoh atau karakter imajinasi. Bisa dibilang, program ini merupakan salah satu Software pengolah vektor dan gambar yang patut dicoba oleh mereka yang suka mendesain gambar.

Untuk versi barunya, Adobe banyak menghadirkan fitur menarik. Untuk lebih jelasnya, berikut pemaparan terkait fitur terbaru Adobe Illustrator CC 2014.

 

LIVES SHAPE

Fitur terbaru Adobe Illustrator CC 2014 adalah Live Shapes. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah grafis vektor secara dinamis. Pengguna sangat mungkin memodifikasi dengan cepat bentuk persegi menjadi membulat atau mengubah sudut menjadi melengkung, ataupun sebaliknya.

Pengguna juga tidak perlu khawatir jika ingin mengembalikan ke bentuk sebelumnya namun lupa, program ini akan mengingatnya sehingga pengguna bekerja lebih cepat.

 

PEN TOOL

Pen tool merupakan salah satu Tool penting dalam urusan desain. Dan kini Tool yang satu ini menjadi fitur terbaru Adobe Illustrator CC 2014 yang tak boleh dipandang sebelah mata. Tool yang satu ini kini hadir dengan fleksibilitas dan presisi yang lebih baik. Tool ini juga memungkinkan penggunanya melihat “garis imajinatif” sebagai gambaran langkah selanjutnya pengguna menggunakan Tool ini.

Selain itu, bagian Tool lain juga mendapatkan tambahan kemampuan yang membuat penggunanya bisa lebih mudah menggunakan Tool, terutama untuk Anchor Point

 

TYPEKIT FONT

Fitur terbaru Adobe Illustrator CC 2014 lainnya adalah kehadiran Typekit Font. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengganti Font yang hilang dengan cepat ketika pengguna membuka File dokumentasi kerjanya. Saat pengguna membuka data kerja Adobe Illustrator kemudian ada pemberitahuan bahwa ada font yang hilang, maka pengguna akan diberitahukan untuk mengganti Font yang bersangkutan dari Database Typekit Font.

Jika jenis Font yang hilang tersedia di Typekit, maka pengguna cukup mengkliknya untuk sinkronisasi Font.

 

WINDOWS GPU ACCELERATION

Fitur terbaru Adobe Illustrator CC 2014 lainnya adalah memaksimalkan kinerja dapur pacu komputer. Fitur yang dinamakan dengan Windows GPU Acceleration ini memungkinkan pengguna untuk melakukan Rendering dengan cepat lewat pengoptimalan kinerja GPU atau pengolah grafis pada komputer.

Pengguna cukup mencari bagian GPU Acceleration di menu Illustrator CC untuk memanfaatkan fitur ini. Berkat fitur ini tentunya proses Rendering lebih banyak. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi untuk kartu grafis Nvidia dengan VRAM 1GB dan berlisensi Adobe.

 

Selain, fitur-fitur di atas, masih banyak fitur terbaru Adobe Illustrator CC 2014 ini. Contohnya adalah tool drawing yang kini banyak pilihan, kemampuan membuat gambar perspektif, kemudahan penggunaan Strokes, Pencil Tool yang lebih optimal untuk menciptakan garis lurus, tipografi tingkat Advance, dan banyak lagi fitur lainnya. Segudang fitur yang ada ini diyakini akan membuat penggunanya bisa lebih kreatif dan mudah dalam membuat karya.

Sebagai penutup artikel, perlu diketahui dulu bahwa program ini dibanderol dengan lisensi berlangganan mulai dari $19.9. Bila tertarik, bisa langsung ke situsnya berikut ini. Perlu diingat, program ini hanya bisa berjalan pada komputer dengan Mac OS dan OS Windows 7 ke atas.

Untuk Hardware, program ini membutuhkan spesifikasi komputer : Prosesor Intel 4 atau AMD Athlon 64 dengan RAM minimal 1GB dan 2GB untuk versi 64-bit. Seperti yang sudah disebutkan, program ini akan optimal jika menggunakan kartu grafis Nvidia. Karena itu, pengguna yang ingin memakai program ini diharapkan menggunakan kartu grafis Nvidia, terutama direkomendasikan GPU Nvidia dengan VRAM 2GB. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel