Troop, Aplikasi Android untuk Membuat Acara dan Kegiatan

18 Jan 2015 20:00 9709 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan aplikasi Management waktu, pengatur agenda, pengatur pertemuan, yang bsa diakses langsung secara cepat lewat perangkat Android. Aplikasi yang dimaksud adalah Troop. Seperti apa lengkapnya aplikasi ini? Simak ulasannya berikut ini.

Satu lagi, aplikasi Android karya anak bangsa yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Aplikasi karya anak bangsa ini merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna yang sibuk dengan kegiatan dan acara.

Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan aplikasi Android Management waktu, pengatur agenda, pengatur pertemuan, yang bsa diakses langsung secara cepat lewat perangkat Android. Aplikasi yang dimaksud adalah Troop.  Seperti apa lengkapnya aplikasi ini? Simak ulasannya berikut ini.

 

DESKRIPSI

Troop merupakan aplikasi Android yang dikembangkan oleh pengembang asal Yogya, yakni Cengkaruk Kingdom. Pengembang yang satu ini sebelumnya pernah menghadirkan aplikasi Android untuk meramaikan euforia Pemilu 2014 lalu, BisaNyoblos. Kini, developer ini mencoba menghadirkan aplikasi lain bernama Troop. Seperti yang sudah disebutkan, Troop merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk membuat agenda acara, kegiatan, atau event.

Sekilas fungsinya memang sederhana namun Troop tidak sekadar aplikasi pembuat acara. Ada fungsi lainnya yang membuat penggunanya dijamin akan merasakan keseruan menggunakan aplikasi pengatur acara kegiatan ini.

 

INTERFACE DAN NAVIGASI.

Aplikasi Android ini datang dengan interface yang cukup nyaman. Navigasi menu, akses acara atau kegiatan, bahkan membuat acara di aplikasi cukup mudah. Sekilas, ketika pertama login, latar aplikasi akan mengingatkan pengguna pada aplikasi instagram. Namun setelah masuk ke bagian menu, aplikasi ini memiliki ciri khas sendiri. Pengguna bisa mengakses membuat acara pada bagian tengah bawah dengan ikon lingkaran yang didalamnya terdapat bentuk pensil. Pengguna tinggal mengklik dan membuat acara dengan mudah.

 

Troop Troop Troop Troop

 

Selain itu tampilan acara atau event yang dibuat di Troop juga memudahkan pengguna untuk mengecek mana event yang bisa didatangi. Jadwal kegiatan atau event yang dibuat akan terlihat seperti layaknya tampilan jejaring sosial. Troop sendiri menyebut hal ini sebagai daftar troop. Daftar ini akan terlihat berurutan sesuai waktu terdekat kegiatan atau acara. Pengguna bisa memilih untuk bergabung di acara tersebut atau tidak. Dan menariknya pengguna bisa melihat siapa saja pengguna Troop yang akan bergabung di acara tersebut. Tidak hanya itu, para pengguna pun bisa saling berinteraksi lewat komentar di sebuah acara yang dibuat. Pengguna-pengguna ini juga dapat saling terhubung lewat jaringan pertemanan. Menilik fungsi ini, bisa dikatakan Troop merupakan aplikasi Android pembuat agenda dengan konsep jejaring sosial.

 

FITUR

Troop saat tulisan ini dibuat  merupakan aplikasi yang masih masuk kategori beta. Karena masuk tahap beta, cukup wajar jika aplikasi Android ini memiliki banyak kekurangan dan belum mempunyai banyak fitur.  Salah satu yang disayangkan yang belum ada adalah login via jejaring sosial Facebook atau Twitter untuk memudahkan pendaftaran. Opsi ini belum tersedia di Troop, padahal Troop menyediakan fitur berbagi ke jejaring sosial Facebook dan Twitter.  Bagi pengguna yang akan masuk aplikasi ini, pilihannya adalah membuat akun dan mendaftarkan e-mail terlebih dahulu.

Fitur lain yang belum hadir adalah kegiatan atau event yang sifatnya lebih personal. Benar sekali, Troop untuk saat ini tidak memungkinkan pengguna untuk membuat acara khusus untuk orang-orang tertentu. Acara yang dibuat di Troop bisa dilihat oleh pengguna lain yang terdaftar di Troop, baik yang sudah berteman maupun yang belum. Tentu ke depan, Troop harus menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna membuat acara secara pribadi dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melihatnya.

Salah satu fitur yang cukup baik dari aplikasi ini barangkali adalah fitur notifikasi. Layaknya jejaring sosial, fitur notifikasi akan  memberikan pemberitahuan kepada pengguna  terkait acara yang dibuat. Jika pengguna membuat acara kemudian ada orang yang akan hadir atau berkomentar atau diskusi di acara tersebut, maka hal tersebut akan diberitahukan di notifikasi.

 

KESIMPULAN

Troop merupakan aplikasi Android yang memang cocok untuk pengguna sibuk. Pengguna yang memiliki banyak janji, kegiatan, dan acara tampaknya bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai pengingat maupun sebagai diskusi terhadap acara yang berlangsung. Aplikasi ini tentunya sangat cocok untuk para penggagas event atau promotor yang banyak mengadakan kegiatan.   Sayangnya karena masih beta, aplikasi ini masih sering mengalami gangguan, terutama ketika pengguna ingin melihat profil pengguna lain. Terlepas dari masalah tersebut,  aplikasi ini masih layak untuk dicoba. [HMN]

Link Download Aplikasi Troop

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel