Menelisik Tiga Keunggulan Moto 360, Jam Tangan Pintar yang Siap Jadi Bintang

27 Oct 2014 16:00 7324 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa bulan terakhir ini, Moto 360 seolah menjadi suatu perbincangan di dunia teknologi. Jam tangan pintar yang memiliki kemampuan notifikasi pesan, telepon, dan sebagainya ini memang seakan memiliki daya tarik sendiri. Apa yang membuat jam tangan pintar ini menjadi menarik? Simak ulasannya berikut ini.

Moto 360 adalah Jam tangan pintar dari Motorola yang jadi pembicaraan akhir-akhir ini. Jam tangan pintar yang bisa terhubung dengan dengan smartphone Android via Bluetooth ini memang cukup menarik untuk diikuti. Bahkan, beberapa bulan terakhir ini, Moto 360 seolah menjadi suatu perbincangan di dunia teknologi. Jam tangan pintar yang memiliki kemampuan notifikasi pesan, telepon, dan sebagainya ini memang seakan memiliki daya tarik sendiri. Apa yang membuat jam tangan pintar ini menjadi menarik? Simak ulasannya berikut ini.

 

KONSEP DESAIN MOTO 360

Moto 360 merupakan wearable device besutan Motorola yang pertama kali diperkenalkan pada Maret 2014.  Jam tangan pintar besutan Motorola ini merupakan jam tangan pintar yang siap menyaingi jam tangan pintar dari Samsung, yakni Galaxy Gear 2. Dan potensi  untuk mengalahkan Galaxy Gear 2 pun memang sangat besar. Pasalnya promosi Moto 360 begitu masif. Bahkan, Motorola membuat sebuah perlombaan tentang konsep desain Moto 360 di bulan Mei 2014 lalu. Konsep desainnya pun sudah terpilih dan kini sudah nampak ke publik.

Konsep desain Moto 360 dibangun dengan pilihan desain yang elegan dan bergaya. Sebelum  memiliki desain final, setidaknya ada 10 desain yang dipilih oleh Motorola di babak final. Namun tentunya hanya salah satu yang jadi pemenang. Dan bentuk desain Moto 360 yang dipilih oleh Motorola adalah desain membulat dengan lingkar frame warna perak. Layarnya terlihat menggunakan background warna hitam yang bisa berubah tampilan saat ada notifikasi atau akses penggunaan lainnya. Desainnya ini semakin lengkap dengan desain gelangnya yang tampak sangat trendi.

Moto 360

 

SEMAKIN MANTAP DENGAN BERBAGAI FITUR

Selain desainnya yang cukup menarik perhatian, Moto 360 juga semakin menarik berkat berbagai fitur yang ditawarkannya. Salah satu fitur yang menarik adalah notifikasi catatan kesehatan yang diinformasikan kepada penggunanya secara real time. Misalnya, ketika pengguna berlari, maka jam tangan pintar ini akan memberikan informasi terkait jarak yang sedang ditempuh. Tidak hanya itu, Moto 360 juga memiliki kemampuan untuk menunjukkan petunjuk atau arah jalan.

Fitur lain yang disematkan pada Moto 360 adalah terintegrasinya jam tangan pintar dengan Google Now. Seperti yang diketahui, Google Now merupakan sebuah asisten pintar besutan Google yang mampu melakukan berbagai tugas dan membantu penggunanya. Dengan adanya fitur ini tentunya, pengguna bisa memerintahkan pencarian dengan hanya suara. Cukup mengatakan “Okay Google”, maka sistem akan bekerja mencari apa yang ingin pengguna inginkan.

Tidak hanya fitur dan desain Moto 360 yang membuatnya semakin menarik. Jam tangan pintar ini juga dikabarkan mendukung penggunaan pengisian baterai tanpa kabel atau wireless charging. Kabarnya, teknologi pengisian baterai tanpa kabel ini akan menggunakan teknologi protokol Wireless Power Charging yang memang sedang dikembangkan Motorola.  Tentu hal ini merupakan  suatu hal yang cukup baik.

 

KEHADIRAN KEYBOARD PINTAR

Usaha Motorola agar Moto 360 menjadi semakin menarik patut diacungi jempol. Selain menghadirkan fitur menarik dan mengajak pihak luar untuk terlibat perihal desain Moto 360, Motorola juga sudah menyiapkan sesuatu yang lebih menarik. Bahkan boleh dibillang hal menarik ini tidak dilakukan oleh perusahaan pesaing lain yang menghadirkan jam tangan pintar. Hal yang dimaksud adalah kehadiran keyboard pintar yang mendukung penggunaan Moto 360. Keyboard pintar tersebut disebut dengan keyboard Minuum.

Sistem keyboard Minuum memang masih dikembangkan. Tentunya keyboard Minuum ini tidak seperti keyboard yang dikenal orang. Keyboard ini didukung dengan aplikasi yang berjalan di OS Android Wear yang memang tersemat di Moto 360. Belum jelas seperti apa keyboard Minuum tapi yang pasti keyboard ini dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan Moto 360 dan juga akan diadaptasi pula sistem input teks berbasis suara pada keyboard Minuum ini nantinya.

 

Demikianlah pemaparan tentang daya tarik dari Moto 360. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa jam tangan pintar yang meluncur tengah tahun 2014 ini sangat unggul dari segi fitur, dukungan keyboard, serta desainnya yang cukup menarik. Tentu saja masih banyak pula fitur lain yang tersemat di jam tangan pintar ini. Dengan tiga keunggulan tersebut, bukan tidak mungkin Moto 360 dapat menyaingi kepopuleran jam tangan pintar dari Samsung. Mari tunggu kehadiran jam tangan pintar ini di pasaran. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel