SpeedUp Smartwatch, Jam Tangan Pintar Besutan Vendor Lokal yang Hemat Baterai

16 Jan 2015 12:00 10164 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bicara jam tangan pintar, maka banyak orang akan langsung mengaitkannya dengan produk dari Samsung, Galaxy Gear. Betapa tidak, produk yang satu ini laris manis dan mendominasi pasar smartwatch. Namun belakangan, vendor lain sudah siap mengancam dominasi Galaxy Gear ini, termasuk vendor lokal SpeedUp.

Bicara jam tangan pintar, maka banyak orang akan langsung mengaitkannya dengan produk dari Samsung, Galaxy Gear. Betapa tidak, produk yang satu ini laris manis dan mendominasi pasar smartwatch. Namun belakangan, vendor lain sudah siap mengancam dominasi Galaxy Gear ini, termasuk vendor lokal SpeedUp. Vendor yang terkenal menelurkan produk tablet ini merilis sebuah smartwatch yang bernama SpeedUp Smartwatch, nama yang sederhana dan akan mudah diingat orang. Bagaimana spesifikasi produk yang satu ini? Tidak ada salahnya untuk menyimak ulasannya berikut ini.

 

DESAIN

Jam tangan pintar besutan SpeedUp hadir dengan bentuk desain yang biasa. Yap benar, SpeedUp Smartwatch lebih terlihat seperti jam tangan biasa yang diberi sedikit sentuhan teknologi. Bentuknya kotak khas jam tangan pada umumnya. Fisiknya pun sedikit tebal bila dibandingkan smartwatch lainnya. Menariknya justru dengan ketebalannya, produk lebih terlihat macho dan sporty. Secara keseluruhan, desain jam tangan ini cocok digunakan untuk yang sporty. Apalagi bagian pergelangannya terbuat dari karet yang mampu menyerap keringat. Sangat pas bukan untuk digunakan berolahraga.

 

LAYAR

SpeedUp Smartwatch hadir dengan bentangan layar 1,54 inch. Untuk sebuah jam tangan, tentu dimensi layar ini cukup pas. Smartwatch dengan dimensi dimensi 49,9 x 38,5 x 12,2 mm dan bobot 42,5 gram ini sendiri didukung dengan teknologi layar AMOLED atau active-matrix organic light-emitting diode. Teknologi ini tentunya lebih baik bila dibandingkan dengan produk smartwatch dari Sony yang menggunakan layar berteknologi LCD saja.

SpeedUp Smartwatch

 

PERFORMA

Sebagai sebuah jam tangan pintar, SpeedUp Smartwatch tentunya memiliki dapur pacu untuk membantu kinerja “kepintarannya”. Untuk jenis dapur pacu yang digunakan, SpeedUp mempersenjatai jam tangan pintarnya ini dengan prosessor MIPS berkecepatan 1 GHz. Prosessor ini diklaim mampu menunjang performa dengan tidak menyedot daya yang terlalu banyak. Prosessor ini sendiri didudukung dengan RAM yang baik untuk ukuran jam tangan pintar, yakni 512MB. Kombinasi ini diatas kertas tentunya cukup baik. Sayangnya, dari beberapa pengujian, jam tangan pintar agak kurang responsif. Untungnya hal ini tidak sering terjadi.

 

MEMORI

SpeedUp Smartwatch ternyata dibekali dengan memori internal. Kapasitas memori internalnya memang tidak terlalu besar tetapi sudah cukup menampung data dan menyimpan aplikasi. Tentu untuk sebuah jam tangan saat ini, ukuran memori internal dengan 4GB memang masih cukup. Namun tentunya seiring perkembangan zaman, kebutuhan memori internal untuk smartphone bisa saja berubah.

 

SISTEM OPERASI

Meskipun Google telah merilis sistem operasi khusus untuk perangkat jam tangan pintar, SpeedUp Smartwatch masih menggunakan OS standar Android yang digunakan di smartphone. Sistem operasi yang digunakan oleh jam tangan pintar ini sendiri adalah Android 4.4 Kitkat. Yang menarik, meskipun smartwatch ini mengusung sistem operasi dari Google, SpeedUp Smartwatch memiliki kompabilitas dengan iOS 7 ke atas. Artinya jam tangan ini bisa terhubung atau terintegrasi dengan iPhone besutan Apple.

 

KONEKTIVITAS

Sebuah jam tangan pintar tentunya harus memiliki konektivitas yang baik. Apalagi fungsi utamanya adalah terintegrasi dengan perangkat lain. Karena itulah jam tangan pintar ini sudah dibekali dengan konektivitas yang baik. Sebut saja Bluetooth dan slot USB yang tentunya akan menunjang berbagai aktivitas berbagi data.

 

FITUR

Keunggulan dari jam tangan pintar ini adalah notifikasi yang mudah dan cepat. Notifikasi dari BBM, Line, dan aplikasi pesan instan lainnya akan mudah terlihat di perangkat ini. Pemberitahuan dari situs jejaring sosial pun akan terlihat di perangkat ini. Tidak hanya itu, jam tangan pintar ini mempunyai fungsi untuk aktivitas olahraga. Informasi terkait kalori yang dibuang, langkah kaki, dan jarak yang ditempuh penggunanya bisa terlihat dengan mudah.

 

BATERAI

SpeedUp Smartwatch ditenagai dengan baterai lithium polymer 300 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hingga 48 jam lamanya. Hal ini juga sudah terbukti dengan berbagai pengujian yang ada. Kapasitas baterainya ini tentunya memeliki waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan smartwatch lainnya. Galaxy Gear besutan Samsung saja hanya disokong dengan baterai sebesar 210 mAh.

 

VIDEO OFFICIAL

 

KESIMPULAN DAN HARGA

SpeedUp SmartWatch merupakan jam tangan pintar besutan lokal yang cukup menarik. Jam tangan pintar ini bisa menjadi alternatif di tengah dominasi Galaxy Gear. Tentunya jam tangan pintar ini memiliki banyak kelebihan seperti daya tahan baterai, penggunaan yang mudah, dan yang menarik adalah bahwa jam tangan pintar ini anti air. Yang agak kurang dari jam tangan ini hanya pada tampilannya yang biasa, baik dari segi desain maupun tampilan antarmuka. Dengan segala kelebihan dan kekurangan tersebut, jam tangan pintar ini hanya dibanderol seharga Rp 1,499 juta saja.  Bagi anda yang berminat membeli Jam tangan pintar ini, anda bisa membeli Speed Up Smartwatch ini secara online [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel