Pertarungan Dua TV Layar Lengkung, TV Samsung dengan TV LG

7 Dec 2014 15:30 18678 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Vendor elektronik raksasa mulai merilis TV dalam bentuk yang tidak biasa. Apabila layar televisi pada umumnya memiliki bentuk datar, belakangan ini mulai bermunculan produk TV dalam bentuk melengkung. Di tahun 2014 ini, dua perusahaan Korea Selatan LG dan Samsung merilis TV layar lengkung yang bisa dijadikan sebagai sarana entertainment keluarga.

Kedua perusahaan elektronik LG dan Samsung terus bersaing dalam berbagai hal. Meskipun berasal dari negara yang sama yakni Korea Selatan, namun keduanya terus memberikan inovasi kepada dunia. Setelah sebelumnya bersaing dalam produk ponsel, tablet dan perangkat elektronik rumah tangga lainnya, kini LG dan Samsung kembali bersaing dalam produk TV terbaru yang baru saja mereka luncurkan.

Kedua perusahaan tersebut saat ini mengeluarkan produk TV dengan layar yang tidak biasa. Mengusung kategori Smart TV, LG dan Samsung tidak semata merilis inovasi akan layar berbentuk melengkung saja, namun keduanya menambahkan berbagai macam fitur pendukung di dalamnya. Ini dia perbedaan TV Layar Lengkung yang dirilis oleh LG dan Samsung:

 

DESAIN

TV Layar Lengkung yang baru saja dirilis oleh LG bernama LG Curved OLED TV 55EA9800. Dari segi desain, TV layar lengkung dari LG ini cukup menarik karena pada bagian bawah layar terdapat sebuah Stand berwarna kristal yang cukup unik. Dengan memberikan efek seolah-olah membuat layar mengambang, Anda tentu akan mendapatkan pengalaman baru saat menonton sebuah tayangan.

Lain halnya dengan Samsung yang baru saja merilis TV bernama Samsung Curved UHD TV UA65F9000AM. Dari segi desain, Samsung Curver UHD TV tampil lebih minimalis dibandingkan dengan LG Curved OLED TV. Samsung hanya membenamkan Stand bermaterial metal berwarna Silver yang sangat cantik dan memberikan kesan elegan sehingga Anda bisa lebih fokus saat menonton sebuah tayangan.

LG OLED TV 55EA9800

Samsung UHD TV Seri F 65

 

KUALITAS LAYAR

LG Curved OLED TV mengusung layar berukuran 55 inci. Dengan resolusi layar sebesar 1920 x 1080 piksel, warna dan kualitas yang disajikan cukup mendukung semua kegiatan entertainment Anda di rumah. TV ini juga memiliki beberapa fitur utama pada layarnya seperti 4 Color Pixel yang mampu membuat warna dalam tayangan semakin nyata, Aboslute Motion Clarity yang dapat membuat gambar bergerak menjadi lebih halus, Infinite Contrast yang mampu menyajikan Contrast lebih natural serta dukungan teknologi 3D.

Sedangkan Samsung Curved UHD TV memiliki layar berukuran 65 inci dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Dengan ukuran berbeda dengan LG, kualitas yang dihadirkan Samsung juga sangat baik karena adanya dukungan berbagai fitur, seperti UHD Up-Scaling yang dapat meningkatkan kualitas gambar dari berbagai macam sumber, fitur PurColour yang mengubah kualitas warna menjadi lebih natural, fitur UHD Dimming yang mampu meningkatkan warna tayangan menjadi lebih detail dan Peak Illuminator yang bekerja meningkatkan LED Backlight di area terang pada layar.

 

KUALITAS SUARA

Dari kualitas suara, LG Curved OLED TV memiliki 2 buah speaker yang diletakan pada bagian Cristal Stand. Dengan teknologi Clear Sound Virtual Surround Plus, LG mengklaim bahwa suara yang dihasilkan TV ini sangat jernih. Sedangkan Curved UHD TV milik Samsung juga hadir dengan Speaker berteknologi Dolby Digital Plus dan DTS Premium Audio 5.1.

 

KONEKTIVITAS

Kedua Curved TV ini memiliki dukungan konektivitas yang lengkap seperti Port HDMI, USB, Output Audio Digital, Input Video Komposit, Port LAN, DLNA dan konektivitas Wi-Fi IEEE 802.11 N. Sedangkan fitur pendukung yang disediakan, kedua TV layar lengkung ini memiliki beberapa fitur pendukung yang cukup berbeda.

 

FITUR PENDUKUNG

Di dalam LG, terdapat beberapa fitur menarik seperti Comfortable 3D, 2D To 3D Conversion, 3D World yang menyediakan berbagai konten berformat 3D, Magic Remote, SmartShare dan Premium Content. Sedangkan Samsung menambahkan beberapa fitur yang tidak kalah menarik dengan pesaingnya, seperti fitur Smart TV, Smart Hub, Samsung Smart Evolution, Multi Link Screen yang dapat menampilkan dua tayangan dalam satu layar sekaligus serta One Connect yang mampu membuat Anda terhindar dari kabel-kabel yang berserakan.

 

KESIMPULAN

Kedua TV layar lengkung ini memberikan sensasi serta kepuasan kepuasan Anda saat menonton sebuah tayangan melalui layar lengkungnya yang unik. Untuk Anda yang ingin membuat ruang keluarga menjadi lebih unik dan modern, LG Curved OLED TV dapat dijadikan pilihan karena memiliki desain tipis yang disertai Crystal Stand. Sedangkan Anda yang minimal, pilihan yang paling tepat adalah memilih Samsung CURVED UHD TV karena memiliki desain dari metal yang memberikan kesan elegan serta disertai banyak dukungan dari fitur-fitur menarik,. Kedua TV ini telah dijual di Indonesia dengan kisaran harga Rp 100 jutaan. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel