ESP 3.2 - Printer Kodak All-in-One untuk Mencetak, Memindai dan Menyalin Dokumen

16 Jul 2014 13:00 4347 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Printer Kodak ESP 3.2 adalah perangkat multifungsi Kodak pemula yang dapat mencetak, memindai, faks dan menyalin, dokumen. Namun perangkat ini masih memiliki masalah desain mekanik yang sama seperti model Kodak ESP 5.

Printer Kodak ESP 3.2 adalah perangkat multifungsi Kodak pemula yang dapat mencetak, memindai, faks dan menyalin, dokumen. Namun perangkat ini masih memiliki masalah desain mekanik yang sama seperti model Kodak ESP 5. Meskipun beberapa pilihan konektivitas (termasuk pencetakan cloud), adalah pesaing tangguh Epson Stylus NX430 yang menawarkan fitur.

 

Desain dan Fitur

Printer Kodak ESP 3.2 memiliki ukuran 16,5 x 12,4 x 7 inc. Printer ini memiliki fungsi mencetak, memindai, dan menyalin dokumen, tetapi Anda tidak akan menemukan feeder dokumen otomatis sehingga Anda harus memindai dokumen lembar demi lembar.

Tidak seperti ESP 5, nampan kertas yang masuk dan keluar berada di sisi yang berlawanan. Baki kertas masuk yang bisa menampung 100 lembar kertas bisa dilipat di atas penutup scanner jika tidak digunakan. Baki kertas yang keluar berada di dalam perangkat ini dan bisa dilipat jika tidak digunakan. Secara keseluruhan, printer ini terbuat dari plastik ringan yang memberikan nuansa perangkat yang tipis dan halus.

printer

Jika Anda ingin mengganti tinta, Anda bisa mengangkat penutup tipis berbahan plastik, yang mirip dengan kap mobil. Mekanisme ini membutuhkan dua tangan untuk menutupnya dan merupakan pilihan desain yang mengerikan.

Printer Kodak ESP 3.2 mempertahankan ukuran stAndar kartrid tinta, satu slot untuk tinta hitam dan satu lagi untuk warna. Pengaturan ini umum untuk printer dalam kisaran harga low-end, dan situs Kodak melaporkan harga yang setara dengan printer inkjet rata-rata. Selain itu, perusahaan ini juga menjual kartrid dengan berkapasitas ekstra besar yang harganya sedikit lebih mahal, namun akan menghemat uang dalam jangka panjang.

Bagian atas perangkat ini meminliki layar LCD 2,4 inci yang menuntun Anda melalui proses menginstal printer pada jaringan nirkabel, dan cahaya yang menyala di bagian depan menunjukkan status jaringan Anda dalam kaitannya dengan jaringan komputer host. Sayangnya, layar tersebut berada pada posisi yang tetap, yang mungkin tidak akan terlihat jika Anda meletakkannya di rak yang sedikit tinggi.

Kodak menempatkan tombol virtual untuk menyalakan, membatalkan, menavigasi, dan memulai pencetakan. Tetap di bawah tombol Anda akan menemukan pembaca kartu multimedia untuk Memory Stick, SD, dan MMC, namun printer ini kekurangan port USB untuk mencetak secara langsung dari kamera digital.

Kodak menawarkan beberapa cara untuk mencetak selain dari koneksi USB stAndar – Anda dapat mengaitkannya ke jaringan kantor menggunakan kabel Ethernet atau mendistribusikannya tanpa kabel dengan menggunakan server Wi-Fi 802.11 b/g/n. Printer ini diatur untuk Wi-Fi Protected Setup (WPS), jika Anda memiliki router nirkabel yang kompatibel. Sebenarnya lebih mudah menghubungkan tanpa WPS, tapi Anda harus membuat koneksi ad-hoc menggunakan kabel USB terlebih dahulu. Sayangnya Kodak tidak menyertakan kabel ini dalam kemasannya.

Printer Kodak ESP 3.2 juga dapat diakses menggunakan Kodak Pic Flick App untuk perangkat iOS, Android, dan BlackBerry. Namun aplikasi ini tidak menawarkan kesempatan untuk mengedit foto yang berat, Anda dapat menentukan kualitas cetak dan ukuran kanvas dari 2 x 3 inci, hingga 8,5 x 11 inci.

Akses dari penyimpanan awan mungkin adalah fitur yang paling nyaman dari 3.2, dan Anda mendapatkan dua cara sederhana untuk mencetak dari komputer manapun dengan koneksi internet. Yang paling banyak ditemui adalah Google Cloud Print, sebuah utilitas gratis yang memungkinkan beberapa pengguna berbagai printer melalui web dengan pendaftaran sederhana dan perangkat yang kompatibel yang menjalankan produk Google. Google menyimpan informasi perangkat Anda pada server untuk menyederhanakan proses lebih lanjut dengan tetap memperbaharui driver dan firmware.

Ada juga Kodak E-mail Print, yang dirancang untuk melepaskan pengguna dari belenggu driver printer dengan memberikan alamat e-mail unik untuk setiap printer yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pekerjaan langsung dari perangkat yang terhubung. Ketika Anda mengirim e-mail ke printer, Anda dapat memilih untuk melampirkan file yang kompatibel (Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Microsoft Excel, PDF, file teks, BMP, PNG, GIF, TIFF), untuk dokumen yang diformat, atau hanya menyisipkan tubuh teks dalam bentuk biasa atau HTML untuk badan e-mail. Kodak menyediakan alamat untuk perangkat yang Anda gunakan selama proses pemasangan nirkabel, dan petunjuk maya yang memandu Anda melalui langkah demi langkah.

 

Kinerja

Printer Kodak ESP 3.2 bekerja lebih lambat dari printer rata-rata dengan harga $100. Perbedaan ini biasanya dapat diabaikan kecuali Anda mencetak dokumen panjang. Sebagai perbandingan, Epson NX430 mencetak teks dokumen Word hitam polos dengan kecepatan 14.11 pages per minute (PPM), yang tiga kali lebih cepat dari ESP 3.2 yang hanya 4.56 PPM.

Sayangnya, kualitas gambar printer sedikit mengecewakan, karena terlihat bernoda, warna transparan dan warna kulit realistis agak rusak, serta warna grafis yang kehilangan segmen gradasi. Warna kulit juga tampak kasar dan tidak realistis, bahkan pada kertas foto glossy Kodak terbaik yang berukuran 8,5 x 11 inci.

Hasil cetak foto adalah yang terbaik, tapi masih memiliki beberapa kekurangan dengan tinta kuning yang terlalu banyak. Kualitas pemindaian juga lebih baik, tetapi juga tetap bermasalah untuk kompresi gelap. Warna pemindaian menghasilkan hasil yang akurat, dan keseluruhannya terkesan tajam dan jelas.

 

Kesimpulan

Kodak ESP 3.2 menawarkan fungsi pencetakan berbasis awan yang sama seperti Office Hero, namun pengguna mungkin akan sedikit kesulitan dengan kinerja printer ini yang lemah. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel