HP Officejet 4630 - Printer Multifungsi dengan Harga yang Murah

9 Jan 2014 23:00 7490 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai sebuah printer multifungsi murah yang ditujukan untuk usaha rumahan, printer HP Officejet 4630 e-All-in-One hadir dengan berbagai macam fitur yang sangat menarik. Printer ini menghasilkan kualitas cetakan yang cukup baik walaupun kecepatannya sangat rendah. Bahkan printer ini juga cenderung cepat kehabisan tinta.

Sebagai sebuah printer multifungsi murah yang ditujukan untuk usaha rumahan, printer HP Officejet 4630 e-All-in-One hadir dengan berbagai macam fitur yang sangat menarik. Printer ini menghasilkan kualitas cetakan yang cukup baik walaupun kecepatannya sangat rendah. Bahkan printer ini juga cenderung cepat kehabisan tinta. Namun selain kekurangan dan kelebihan tersebut, masih banyak hal lain yang ditawarkan oleh printer buatan produsen asal Amerika Serikat ini. Apa sajakah itu? Berikut Paseban akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda.

Spesifikasi

Seperti halnya kemampuan dasar dari printer multifungsi masa kini, printer HP Officejet 4630 e-All-in-One ini juga menghadirkan kemampuan printing, copy, scanning, dan faxing. Selain itu printer ini juga bisa dijadikan sebagai sebuah mesin fotokopi. Printer ini juga memiliki automatic document feeder (ADF) yang berkapasitas 35 lembar untuk keperluan fotokopi, scanning, atau mengirim fax. Selain itu, printer ini juga dilengkapi dengan tray yang mampu menampung hingga 100 lembar kertas. Terdapat juga sebuah auto duplexer untuk mencetak pada dua sisi kertas sekaligus.

Secara keseluruhan, printer HP Officejet 4630 ini memiliki dimensi sebesar 7.4 x 17.6 x 21.6 inch dan berat 7 Kg. ukuran tersebut tentu sangat pas untuk ditempatkan di berbagai ukuran meja. Di bagian panel depan dari printer ini juga terdapat layar monokrom dengan kontrol Home, Back, OK, up dan down. Terdapat juga sebuah alphanumeric keypad, serta tombol untuk WiFi, ePrint, Help, dan on/off.

Printer HP Officejet 4630 ini mampu terhubung ke komputer melalui kabel USB atau melalui jaringan WiFi. Terdapat juga fitur ePrint yang merupakan layanan dari HP yang akan memberikan alamat email kepada printer ini sehingga Anda dapat mencetak dokumen hanya dengan cara mengirimkan email. Printer ini juga mendukung pencetakan dari perangkat mobile melalui Wireless Direct Print sehingga Anda dapat mencetak dari tablet ataupun smartphone tanpa perlu terhubung ke jaringan WiFi terlebih dahulu.

Performa

Karena HP Officejet 4630 e-All-in-One Printer ini dibanderol dengan harga yang murah, maka jangan harap Anda akan mendapatka kecepatan yang impresif. Untuk mencetak dokumen teks biasa, printer ini mampu mencetak pada kecepatan 2 lembar per menit. Kecepatan ini memang agak mengecewakan mengingat printer lain di kelasnya mampu mencetak dengan lebih cepat. Sebagai contoh, printer Brother MFC-J430w mampu mencetak pada kecepatan 4,3 lembar per menit dan printer Brother MFC-J870DW memiliki kecepatan 4,7 lembar per menit.

Printer ini juga memiliki masalah pada tintanya di mana tinta warnanya cenderung lebih cepat habis. Hal tersebut tentu membuat kualitas cetakan menjadi menurun jika Anda mencetak banyak kertas secara sekaligus. Printer HP Officejet 4630 ini menggunakan dua cartridge yaitu hitam dan warna yang terdiri dari cyan, magenta, dan yellow.  Apabila salah satu warna tersebut mengalami masalah tersebut, maka secara otomatis Anda harus mengganti cartridge yang warna tersebut.

Kualitas Cetakan

Kualitas cetakan yang disuguhkan oleh HP Officejet 4630 e-All-in-One Printer ini dapat dikatakan cukup baik. Kualitas cetakan teks-nya cukup mumpuni untuk digunakan pada usaha rumahan. Kualitas cetakan dokumen bergambar juga cukup baik, terutama untuk mencetak handout Power Point. Untuk kualitas cetakan foto, printer ini juga mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas yang lumayan baik.

Harga dan Kesimpulan

Secara keseluruhan, HP Officejet 4630 e-All-in-One Printer ini memang bukanlah printer tercepat yang ada di pasaran, namun printer ini memiliki fitur serta kualitas cetakan yang lumayan mumpuni untuk sebuah printer multifungsi rumahan. Sebenarnya ada printer yang memiliki kecepatan cetak dua kali lebih cepat dari printer ini, yaitu Brother MFC-J430w. Namun, printer tersebut tidak memiliki fitur auto duplexer dan fitur mobile lain yang dimiliki oleh printer HP ini.

Oleh karena itu, walaupun printer ini memiliki kecepatan yang rendah dan konsumsi tinta yang agak boros, namun untuk kelas harganya tetap layak untuk dijadikan pilihan. Jika Anda tertarik untuk membelinya, HP Officejet 4630 e-All-in-One Printer ini dibanderol dengan harga USD 99 atau sekitar satu juta rupiah. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel