Aplikasi Browser Android Terbaik untuk Anda

3 Jun 2011 16:41 8954 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apabila Anda melakukan pencarian pada Android Market dan mengetikkan kata kunci *browser*, Anda dapat melihat bahwa banyak pilihan aplikasi tambahan yang tersedia. Dari sekian banyak pilihan, Paseban mengamati ada tiga *browser* yang menjadi pilihan utama pengguna Android, yaitu Opera, Dolphin, dan Skyfire. Pada artikel kali ini, Paseban akan mencoba membahas tiga *browser* tersebut.

Apabila Anda melakukan pencarian pada Android Market dan mengetikkan kata kunci browser, Anda dapat melihat bahwa banyak pilihan aplikasi tambahan yang tersedia. Dari sekian banyak pilihan, Paseban mengamati ada tiga browser yang menjadi pilihan utama pengguna Android, yaitu Opera, Dolphin, dan Skyfire. Pada artikel kali ini, Paseban akan mencoba membahas tiga aplikasi browser Android tersebut.

Pengembang aplikasi browser terkenal Mozilla, juga telah meluncurkan produk terbarunya Firefox 4.0 untuk Android, namun aplikasi ini pilih-pilih dalam hal handset yang digunakan, dan handset yang didukung sebagian besar berkelas high-end. Untuk handset yang tidak mendukung, Firefox 4.0 tidak akan muncul pada Android Market handset pengguna. Oleh karena itu, Paseban tidak mengikut sertakan Firefox pada pembahasan ini.

Pembahasan dimulai dengan produk Dolphin. Pada Android Market, Dolphin menyediakan tiga pilihan aplikasi, yaitu Dolphin Browser HD, Dolphin Browser, dan Dolphin Browser Mini. Sesuai dengan urutannya Dolphin Browser HD merupakan versi berfitur paling lengkap dan berkemampuan High-Definition (HD) sehingga tampilannya lebih bagus. Dan untuk tampilan foto pada situs, browser ini akan memberikan tampilan yang lebih jernih.

Opera, pengembang aplikasi browser yang terkenal untuk semua platform, menyediakan dua aplikasi, yaitu Opera Mobile Web Browser dan Opera Mini Web Browser. Sementara Skyfire hanya menyediakan satu aplikasi, Skyfire 4.0, pada Android Market.

Kecepatan Akses

Tes pertama yang Paseban lakukan adalah, tentu saja, perihal kecepatan akses. Paseban melakukan tes perbandingan pada semua aplikasi browser Android tersebut diatas dengan mengakses situs versi mobile Paseban, m.paseban.com. Sebelum melakukan tes, Paseban memastikan untuk membersihkan cache dan history terlebih dahulu.

Pada jaringan 3G, Opera Mobile Web Browser, Dolphin Browser HD, Dolphin Browser, dan Dolphin Browser Mini menjadi yang tercepat, dan berada pada kecepatan yang kurang lebih sama. Skyfire berada pada urutan kedua, dan Opera Mini Web Browser menjadi yang paling bontot. Namun browser yang berada di urutan paling bontot pada jaringan ini, kecepatannya tidak mengecewakan dan proses akses halaman situs masih dalam hitungan detik.

Untuk jaringan 2G, Paseban menemukan banyak kekecewaan. Bahkan pada aplikasi Opera Mini Web Browser dan Dolphin Browser Mini, yang sengaja diciptakan oleh pengembang untuk digunakan pada koneksi jaringan 2G, kecepatan akses masih terlalu lambat. Pada jaringan 2G, posisi pertama diduduki oleh Dolphin Browser HD, Dolphin Browser, dan Opera mini Web Browser. Dan berada pada kecepatan yang kurang lebih sama, yaitu lambat. Dolphin Browser Mini dan Opera Mobile Web Browser berkecepatan sangat lambat pada jaringan ini. Sementara pada Skyfire, setelah beberapa kali mencoba, Paseban tidak berhasil mengakses situs dengan jaringan 2G.

Desain

Untuk desain, Paseban memilih Opera Mini Web Browser, Dolphin Browser, dan Dolphin Browser Mini sebagai aplikasi yang layak untuk dipertimbangkan. Tampilan mereka sangat simple dan nyaman untuk dilihat. Untuk Opera Mobile Web Browser, Paseban berpendapat browser ini kurang cocok untuk smartphone dengan layar yang kecil, karena tampilan yang diberikan browser ini tidak pas mengikuti ukuran layar seperti browser lainnya, pengguna akan lebih sering men-zoom dan menggeser tampilan untuk membaca situs sehingga hal ini membuat tidak nyaman. Untuk Dolphin Browser HD, desain sangat kurang menarik, apalagi untuk ukuran High-Definition. Sementara Skyfire dengan desain standar, ditambah banyaknya ikon, membuat tampilan browser ini terkesan ruwet.

Fitur

Semua browser memiliki fitur yang hampir sama. Tetapi apabila Anda membutuhkan browser dengan kelengkapan yang maksimal, Paseban memilih Dolphin Browser HD. Produk Dolphin versi HD ini mendukung banyak add on yang tersedia di Android Market seperti PDF Viewer for Dolphin, Dolphin Translate, Dolphin Theme, dan banyak add on lainnya.

Skyfire sekali lagi mendapat nilai buruk. Paseban menemukan satu fitur yang sangat mengganggu pada browser ini. Skyfire memiliki fitur Skyfire Video yang bisa digunakan untuk melihat video pada situs-situs yang didukung oleh fitur ini. Memang secara teori, adanya fitur ini memberikan kelebihan tersendiri bagi Skyfire. Namun fitur Skyfire ini bersifat berbayar, dan setelah masa trial habis notifikasi kepada pengguna untuk membeli fitur akan sering muncul pada saat browser ini aktif. Menurut penilaian Paseban hal ini akan sangat mengganggu pengguna.

Secara keseluruhan, Paseban menjatuhkan pilihan pada dua produk Dolphin, Dolphin Browser dan Dolphin Browser HD. Paseban menyarankan Anda pengguna handset Android untuk mengfokuskan pilihan pada dua browser ini. Untuk Anda yang mementingkan desain ditambah dengan fitur mumpuni, Dolphin Browser cocok untuk Anda. Sementara Anda yang mencari browser berkemampuan maksimal, Dolphin Browser HD dengan dukungan add on yang bisa Anda pilih di Android Market akan memenuhi kebutuhan Anda. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel