1

Sambut Kebangkitan Nasional melalui IWIC 2011 - INOVASI APLIKASI UNTUK WUJUDKAN ENTERPRENEURSHIP

19 May 2011 16:38 3484 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menyambut hari Kebangkitan Nasional, Indosat kembali mempersembahkan Indosat Wireless Innovation Application Contest (IWIC) ke-6 tahun 2011 yang mulai dibuka hari ini dengan tema "Inovasi Aplikasi untuk Wujudkan Enterpreneurship". IWIC 2011 mengajak seluruh generasi muda untuk bangkit dan kembali berkreasi dan berinovasi di bidang aplikasi *wireless*.

Jakarta, 19 Mei 2011 - Menyambut hari Kebangkitan Nasional, Indosat kembali mempersembahkan Indosat Wireless Innovation Application Contest (IWIC) ke-6 tahun 2011 yang mulai dibuka hari ini dengan tema "Inovasi Aplikasi untuk Wujudkan Enterpreneurship". IWIC 2011 mengajak seluruh generasi muda untuk bangkit dan kembali berkreasi dan berinovasi di bidang aplikasi wireless sehingga menjadikan Indonesia mampu hadir dalam kancah dunia wireless global, sesuai dengan semangat Kebangkitan Nasional.

"Kami mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berkiprah dan menjadikan ajang IWIC sebagai titik kebangkitan inovator muda berlomba menciptakan karya kreatif dan inovatif bidang teknologi wireless yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Sesuai dengan tema IWIC 2011, kami juga ingin menumbuhkan jiwa entrepreneurship di industri telekomunikasi, yang diharapkan dapat merubah paradigma kita dari masyarakat pengguna menjadi masyarakat yang produktif, kreatif, dan inovatif," demikian disampaikan Laszlo Imre Barta, Director & Chief Commercial Officer Indosat saat meluncurkan program IWIC ke-6 di Indosat Innovation Lab, Jakarta.

Setelah sukses 5 tahun berturut-turut menarik minat ribuan generasi muda dan masyarakat untuk berinovasi di bidang teknologi wireless, IWIC 2011 yang merupakan penyelenggarakan ke-6 ini bertujuan tidak hanya mendorong generasi muda untuk kreatif dan inovatif, tetapi juga menumbuhkan kemampuan entrepreneurship (kewirausahaan) dalam industri telekomunikasi, sehingga industri wireless Indonesia bisa bangkit dan berkiprah di pasar wireless global.

Pengembangan inovasi aplikasi yang dikompetisikan dalam IWIC ini dapat menggunakan BlackBerry, Android dan device lainnya. Kompetisi aplikasi untuk pengembangan aktifitas komersial, seperti aktifitas mobile advertising, mobile tracking & navigation, mobile payment, mobile learning, maupun terkait dengan kegiatan traveler/roaming, masuk dalam kategori Business & Commerce. Sedangkan kompetisi aplikasi untuk pengembangan terkait games atau permainan yang atraktif dan interaktif, jejaring sosial (social networking), instant messaging, video messaging dan lain-lain, masuk dalam kategori Games & Entertainment.

Sementara itu terdapat kategori baru di tahun 2011 yaitu kategori khusus Ibu dan Anak, yaitu kompetisi aplikasi yang mendukung pembelajaran bagi Ibu dan Anak dari berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, hobi, dan lain-lain. Sedangkan kategori khusus Olahraga adalah kompetisi aplikasi yang berhubungan dengan kegiatan dan informasi di dunia olah raga yang menggunakan teknologi wireless sebagai pendukungnya.

2 kategori khusus ini dihadirkan sebagai respon aktif dan bentuk dukungan Indosat terhadap pemanfaatan internet secara produktif, terkait dengan perkembangan dan kebutuhan aplikasi inovatif untuk kebutuhan di dunia Ibu dan Anak serta dunia olahraga. Diharapkan kategori khusus ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya-upaya meningkatkan kualitas hidup Ibu dan Anak serta memajukan dunia olahraga di Indonesia.

Memasuki 6 tahun kehadirannya, IWIC mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, tidak hanya dari jumlah peserta yang terus meningkat, namun juga penghargaan yang diberikan berbagai pihak, seperti Selular Award untuk The Best CSR Program (2007, 2008, 2011), Broadband Award untuk The Best CSR Program (2009, 2010), PR Program of The Year Award 2009 dari Mix Magazine, serta Golden Ring Award 2010 untuk kategori Best CSR Program.

"Kami berharap semangat berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan aplikasi wireless ini mampu menghasilkan karya bermanfaat bagi masyarakat dan sekaligus memberikan kontribusi positif bagi negeri kita tercinta ini," demikian Laszlo Imre Barta menutup penjelasannya.

Launching 6th IWIC

Fact Sheet

IWIC - Definisi :
Kompetisi INOVASI dalam pengembangan teknologi wireless (tanpa kabel) di terminal bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung aspek kehidupan masyarakat (komersial, sosial, pendidikan, dan entertainment/games)

Tema 2011 : "Inovasi Aplikasi Wireless untuk wujudkan Entrepreneurship"
Inovasi Wireless Untuk Wujudkan Aplikasi Enterpreneurmu dalam PENGEMBANGAN APLIKASI yang dijalankan pada BLACKBERRY, ANDROID, OTHERS DEVICE

Kategori :
1. Business & Commerce
a. Android
b. Blackberry
c. Other Devices

  1. Games & Entertainment
    a. Android
    b. Blackberry
    c. Other Devices

  2. Kategori Khusus
    a. Ibu dan Anak
    b. Olahraga

Syarat & Ketentuan Umum :
1. Karya (kategori Pengembangan Aplikasi) dapat dijalankan/diaplikasikan, dan khusus kategori Android, dapat berjalan di platform OS Android
2. Karya harus original, unik, dan belum pernah diikutsertakan atau dipublikasikan dalam lomba lain sebelumnya.
3. Karya (kategori Pengembangan Aplikasi) yang terpilih menjadi pemenang, akan direview oleh Indosat (selama tiga bulan), untuk dapat ditindaklanjuti sebagai fitur yang akan dikomersialkan Indosat dan akan dilakukan negosiasi terpisah. Apabila dalam tiga bulan tidak ditindaklanjuti, pemenang berhak menawarkan ke pihak lain dengan sepengetahuan Indosat.

Syarat & Ketentuan Teknis :
a. Mencantumkan jati diri yang telah discan meliputi:
1. nama, alamat, nomer telephone dan nomer HP Indosat yang dapat dihubungi,
2. KTP/KTM (bagi kategori pengembangan aplikasi),
3. Menuliskan Kategori dan Sub Kategori yang dipilih untuk setiap karyanya di awal karya (baik untuk Kategori Pengembangan Aplikasi ataupun Kategori Penulisan Karya Tulis)

b. Bagi peserta kategori Pengembangan Aplikasi yang karyanya terpilih sebagai nominasi kategori mobile wireless application , maka diwajibkan untuk membuat simulasi dan/atau dikembangkan hingga prototype dari aplikasi yang dibuat

c. Karya dapat di unggah di www.innovation.indosat.com

Atau email ke
indosatinnovation@yahoo.co.id
iwic2011@indosat.com

Hadiah :
1. Total hadiah uang ratusan juta rupiah
2. Perangkat gadget terkini

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel