1

Batas Akhir Pendaftaran SBMPTN 2013 Tanggal 7 Juni 2013

31 May 2013 17:48 3799 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bandung, 31 Mei 2013 - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 telah dibuka mulai tanggal 13 Mei pukul 08.00 WIB dan akan berakhir pada 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.

Bandung, 31 Mei 2013 - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 telah dibuka mulai tanggal 13 Mei pukul 08.00 WIB dan akan berakhir pada 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. Bagi calon peserta yang akan melakukan pendaftaran SBMPTN 2013, pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online melalui laman ujian.sbmptn.or.id. Sebelum melakukan pendaftaran online, hal pertama yang wajib dilakukan oleh calon peserta SBMPTN 2013 adalah mengunduh Buku Panduan Pendaftaran Peserta SBMPTN 2013 dan Panduan Informasi melalui laman sbmptn.or.id dengan memilih menu download agar peserta membaca dan memahami seluruh informasi.

Calon Peserta yang Telah Memiliki KAP dan PIN Diwajibkan untuk Segera Daftar Online

Bagi calon peserta yang telah melakukan pembayaran dan memiliki KAP dan PIN SBMPTN 2013 diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online di laman ujian.sbmptn.or.id paling lambat tanggal 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. Selain itu bagi calon peserta yang belum menyelesaikan pendaftaran online SBMPTN, diimbau untuk segera menyelesaikan pendaftaran online SBMPTN di laman ujian.sbmptn.or.id guna menghindari penumpukan diakhir masa pendaftaran.

Peserta SNMPTN yang Tidak Lolos Seleksi Dapat Mengikuti SBMPTN

Bagi para peserta SNMPTN 2013 yang dinyatakan tidak lolos seleksi dan berminat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Para peserta SNMPTN yang TETAP WAJIB MEMBAYAR  biaya ujian, jika ingin mendaftar SBMPTN adalah: Peserta Nonbidikmisi yang dinyatakan TIDAK LULUS dalam SNMPTN.

Peserta yang dinyatakan LULUS dalam SNMPTN, namun tetap berminat mengikuti SBMPTN. Penting untuk diketahui oleh setiap peserta yang telah lolos seleksi SNMPTN, bahwa jadwal pendaftaran ulang/registrasi SNMPTN 2013 di setiap PTN bersamaan dengan jadwal Ujian Tertulis SBMPTN 2013.

Pembayaran SBMPTN 2013 dapat dilakukan di Bank Mandiri melalui Kantor Cabang/teller. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini Bank Mandiri menyediakan Formulir Pembayaran Biaya SBMPTN yang merupakan formulir khusus bagi para calon peserta yang ingin melakukan pembayaran biaya SBMPTN. Selain melalui Kantor cabang/teller, BankMandiri juga membuka pembayaran SBMPTN melalui internet banking, ATM, dan SMS banking.  Untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara pembayaran SBMPTN melalui Internet Banking, silakan buka laman https://sbmptn.or.id/utama.php?hmenu=16&hitem=2&dikirim=1. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara pembayaran SBMPTN melalui Mandiri ATM dan SMS silakan buka laman https://sbmptn.or.id/utama.php?hmenu=16&hitem=3&dikirim=1.

PEMBEBASAN biaya ujian SNMPTN HANYA BERLAKU untuk: Peserta Bidikmisi yang dinyatakan TIDAK LULUS dalam SNMPTN dan berminat mengikuti SBMPTN.

Peserta Bidikmisi yang belum terdaftar di SNMPTN dan ingin mendaftar SBMPTN. Bagi peserta Bidikmisi yang belum terdaftar di SNMPTN dan ingin mendaftar SBMPTN perlu melakukan pendaftaran ulang di laman daftar.bidikmisi.dikti.go.id guna memperoleh KAP dan PIN baru untuk melakukan pendaftaran online di ujian.sbmptn.or.id.

KAP SNMPTN Dapat Digunakan pada SBMPTN

Bagi peserta SNMPTN yang tidak lolos seleksi kemudian berminat untuk mengikuti SBMPTN, dapat menggunakan KAP SNMPTN untuk pendaftaran SBMPTN 2013. Pembayaran biaya SBMPTN 2013 dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri di Indonesia dengan menggunakan slip khusus pembayaran SBMPTN (Formulir Pembayaran Biaya SBMPTN).

Bagi calon peserta SBMPTN yang ingin menggunakan KAP SNMPTN, wajib menuliskan KAPSNMPTN yang dimilikinya dalam slip khusus pembayaran SBMPTN pada bagian “Bayar Tambahan”. Namun bagi peserta SNMPTN yang tidak lolos seleksi kemudian berminat untuk mengikuti SBMPTN diwajibkan untuk membayar sesuai dengan biaya Kelompok Ujian yang dipilih. Biaya ujian untuk Kelompok Ujian Saintek dan Soshum sebesar Rp. 175.000,- sedangkan untuk Kelompok Ujian Campuran sebesar Rp. 200.000,-.

Sedangkan bagi peserta SNMPTN dengan program Bidikmisi yang berminat mengikuti SBMPTN 2013 diwajibkan untuk mendaftar ulang di laman daftar.bidikmisi.dikti.go.id guna memperoleh KAP dan PIN baru untuk melakukan pendaftaran online di ujian.sbmptn.or.id

Alternatif Pembayaran SBMPTN 2013

Alternatif pembayaran SBMPTN jika tidak terdapat Bank Mandiri dapat melalui:

1. Melalui Kantor Pos. Calon peserta datang ke kantor pos untuk membayar biaya SBMPTN dengan mencantumkan:

  • Nama
  • Tanggal lahir (untuk pembayaran baru) atau nomor KAP (untuk pembayaran tambahan)
  • Nominal pembayaran
  • Nomor Telepon / HP

Calon peserta akan menerima informasi PIN via SMS oleh Bank Mandiri. Bagi calon peserta yang melakukan pembayaran sebelum jam 12.00 waktu setempat, PIN akan diterima pada hari yang sama. Sedangkan bagi calon peserta yang melakukan pembayaran setelah jam 12.00 waktu setempat, nomor KAP dan PIN untuk SBMPTN 2013 akan diterima pada hari kerja berikutnya. Untuk pembayaran yang dilakukan pada hari Sabtu/Minggu/hari libur lainnya, nomor KAP dan PIN untuk SBMPTN 2013 akan diterima pada hari kerja berikutnya.

2.  Melalui Kliring/RTGS dan ATM Bank Lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak ada cabang maupun ATM Bank Mandiri)

Calon peserta datang ke kantor cabang bank lain atau ke ATM berlogo ATM Bersama, Link & Prima, untuk membayar biaya SBMPTN dengan sistem transfer (RTGS) ke nomor rekening penampungan SBMPTN yang dibuka oleh Bank Mandiri (nomor rekening: 070.000.6621.960 a.n. SBMPTN 2013) dan mencantumkan nomor telepon atau nomor HP pada kolom berita transfer/referensi.

Pada hari yang sama, calon peserta wajib mengirimkan email bukti pembayaran dan 4 poin informasi di bawah ini ke : sbmptn.mandiri@gmail.com

  • Nama
  • Tanggal lahir (untuk pembayaran baru) atau nomor KAP (untuk pembayaran tambahan)
  • Nominal pembayaran
  • Nomor Telepon / HP

Pada H+1 setelah email diterima oleh Bank Mandiri, Bank Mandiri akan mengirimkan informasi nomor KAP dan PIN untuk SBMPTN 2013 kepada calon peserta via SMS.

Apabila Bank Mandiri tidak menerima email konfirmasi pembayaran tersebut, maka Bank Mandiri tidak akan memproses pembayaran dan uang akan dikembalikan ke rekening pembayar, setelah periode pembayaran SBMPTN 2013 berakhir. Biaya transfer/kliring/RTGS menjadi beban calon peserta.

Pelayanan Bank Mandiri di Akhir Pekan

Bank Mandiri juga membuka layanan pada akhir pekan untuk melakukan pembayaran SBMPTN2013 di beberapa cabang di kota Bandung, antara lain:

Hari Sabtu:

  • Mandiri KCP Bandung Martadinata, Jl. R.E. Martadinata No. 103, telepon (022) 4209093;
  • Mandiri KCP Bandung Otista, Jl. Otto Iskandardinata No. 293, telepon (022) 4224728, 4224730, dan;
  • Mandiri KCP Bandung Buah Batu, Jl. Buah Batu No. 268, telepon (022) 73208545.

Hari Minggu:

  • Mandiri KCP Bandung Martadinata, Jl. R.E. Martadinata No. 103, telepon, (022) 4209093.

Panitia Lokal Bandung Membuka layanan Informasi SBMPTN

Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 membuka layanan informasi dan menyediakan brosur terkait SBMPTN di Kampus ITB, Jl. Ganeca No. 10 Bandung, Gedung Rotunda (Information Centre) setiap hari kerja (Senin-Jumat) mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB dan Sabtu mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 juga membuka layanan bantuan/helpdesk pengisian pendaftaran online bagi calon peserta dengan membawa struk/formulir pembayaran dari Bank Mandiri, di mana di dalamnya tertera KAP dan PIN, serta membawa softcopy foto dengan pose resmi (seperti untuk keperluan dokumen resmi, KTP, ijazah, rapor, dll.). Panitia Lokal Bandung juga membuka layanan informasi melalui Twitter di @sbmptnbdg, Yahoo Messenger: sbmptnbdg, E-mail: sbmptnbdg@yahoo.com, dan telepon: (022) 2511999.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  • Sekretariat SBMPTN 2013 Panitia Lokal Bandung di Kampus ITB, Jl. Ganeca No. 10 Bandung, Gedung Rotunda (Information Centre) Telp (022) 2511999.
  • Website: http://sbmptn.or.id
  • E-mail: sbmptnbdg@yahoo.com
  • Twitter: @sbmptnbdg
  • Yahoo Messenger: sbmptnbdg
  • Call Centre SBMPTN 2013: 0804-1-456-456
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel