Nokia + Microsoft = Smartphone Spektakuler?

25 Apr 2011 12:07 5062 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Secara resmi, Nokia telah membentuk sebuah *understanding* dengan Microsoft mengenai kerjasama mereka pada bidang bisnis ponsel pintar. Baik Nokia maupun Microsoft telah mengkonfirmasikan bahwa agreement yang lebih detil ini merupakan tindak lanjut dari apa yang telah mereka umumkan kepada publik pada 11 Februari silam. Seperti apa sih isinya?

Secara resmi, Nokia telah membentuk sebuah understanding dengan Microsoft mengenai kerjasama mereka pada bidang bisnis ponsel pintar. Walaupun kerjasama tersebut telah diberitakan kepada media pada beberapa bulan lalu, tetapi masih terdapat beberapa detil kesepakatan yang masih terus dibicarakan oleh keduanya.

Baik Nokia maupun Microsoft telah mengkonfirmasikan bahwa agreement yang lebih detil ini merupakan tindak lanjut dari apa yang telah mereka umumkan kepada publik pada 11 Februari silam. Seperti apa sih isinya?

Di dalam nota kerjasama ini, tercantum bahwa harus ada kontribusi riil dari kedua belah pihak dalam pengembangan sistem operasi smartphone yang baru. Nokia dan Microsoft juga mengumumkan adanya progress yang begitu signifikan dalam pengembangan ponsel pertama Nokia yang menggunakan basis Windows Phone.

Perusahaan ponsel raksasa itu pun mulai mengembangkan aplikasi dan service yang diharapkan mampu beroperasi pada Windows Phone device, serta mulai membuat kerjasama dengan para developer lainnya. Tahun depan, kedua pihak diharapkan telah memulai shipping ponsel Nokia Windows Phone generasi berikutnya ke pasar dunia.

Sebagaimana yang telah dirilis sebelumnya, dalam kerjasama tersebut Nokia akan menyediakan layanan peta dan navigasi miliknya bagi Microsoft. Sementara itu, search engine Bing milik Microsoft akan terpasang pada ponsel pintar Nokia secara otomatis. Benar-benar kerjasama yang luar biasa, kan?

Nokia pun akan meng-update Ovi Store-nya agar ia dapat memanfaatkan infrastruktur Windows Marketplace secara optimal. Melalui kesepakatan ini pun, Nokia berencana menggebrak bisnis smartphone yang kini tengah marak dan didominasi oleh BlackBerry. Tunggu saja hasilnya! ZF

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel