1

Mengenal Tentang Port HDMI Lebih Dekat

9 Feb 2013 09:00 104783 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Membanjirkan ponsel dan tablet canggih di pasaran membuat fitur HDMI menjadi populer. Banyak dari perangkat tersebut yang sudah menyediakan **port HDMI**. Tapi apakah anda sudah mengetahui apa itu dan apa fungsi dari HDMI sendiri? S

Membanjirkan ponsel dan tablet canggih di pasaran membuat fitur HDMI menjadi populer. Banyak dari perangkat tersebut yang sudah menyediakan port HDMI. Tapi apakah anda sudah mengetahui apa itu dan apa fungsi dari HDMI sendiri? Sebenarnya, HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah teknologi industri dan merupakan standar yang menghubungkan peralatan HD atau High Definition dari TVHD seperti LCD dan LED TV atau komputer pribadi ke kamera, camcorder, tablet, blu ray player, konsol game, dan ponsel pintar.

Para pendiri HDMI termasuk produsen elektronik terkemuka seperti Hitachi, Panasonic, Philips, Sony, Technicolor, Toshiba, dan Solocin Image. Spesifikasi HDMI sudah dilisensi lebih dari 1200 perusahaan dan merupakan fitur standar pada banyak produk elektronik. Teknologi HDMI mampu memberikan tampilan sejernih Kristal, baik digital audio dan video melalui kabel tunggal. Teknologi ini secara dramatis mampu menyederhanakan fungsi kabel dan membantu menyediakan konsumen pengalaman HD berkualitas tinggi. HDMI mampu mentransmisikan semua standar HDTV ATSC dan mendukung 8 channel, 192 kHz, digital audio terkompresi dan semua format kompresi yang tersedia.

Lalu, apa sih sebenarnya kelebihan dari HDMI? Secara kualitas, HDMI adalah digital interface yang menyediakan kualitas terbaik dari video karena tidak ada lossy analog untuk konversi digital seperti yang diperlukan untuk semua koneksi analog (seperti S Video). Perbedaannya terlihat pada resolusi yang lebih tinggi seperti 1080p. Video digital akan tampil lebih tajam dan jernih serta meminimalkan cahaya berlebih dibandingkan dengan sistem analog. Untuk kemudahan penggunaan, HDMI menghubungkan audio, video, dan multi channel ke dalam tabel tunggal, menghilangkan kompleksitas dari beberapa kabel seperti yang digunakan oleh A/V sistem.

HDMI juga mendukung komunikasi dua arah antara sumber video (seperti DVD player) dan DTV, memungkinakan fungsi baru seperti konfigurasi otomatis dan one touch play. Dengan menggunakan HDMI, perangkat secara otomatis memberikan format yang paling efektif (misalnya 480p vs 720p, 16 : 9 vs 4 : 3). HDMI juga mendukung HDCP yang memiliki akses ke konten HD premium, selain itu, HDMI juga mendukung perangkat yang mendukung HD Content Ready.

Di bawah ini adalah versi dari HDMI yang sudah beredar di pasaran.

HDMI 1.1

  • Dukungan terhadap Audio DVD.

HDMI 1.2

  • Secara khusus, fitur dan modifikasi untuk HDMI 1.2 meliputi : dukungan untuk format One Bit Audio, seperti Super Audio CD DSD (Direct Streaming Digital)

HDMI 1.3

  • Higher Speed : HDMI 1.3, meningkatkan single bandwidth mencapai 3.40 MHz (10.2 Gbps) untuk mendukung perangkat HD masa depan, seperti resolusi yang lebih tinggi, kedalaman warna dan frame rate yang lebih tinggi.

  • Deep Color : HDMI 1.3 mendukung kedalaman warna 10 bit, 12 bit, dan 16 bit.

  • New Mini Konektor : Dengan perangkat portable kecil seperti camcorder HD dan kamera, maka bentuk baru ini akan menjadi andalan sekaligus keunggulan untuk HDMI 1.3

  • New HD Lossless Format Audio : Bagi para pencinta lagu, tentunya sudah sangat mengetahui ini. Kemampuan HDMI yang mendukung digital audio terkompresi dan format Dolby Digital, membuat dukugan tambahan untuk kompresi format audio.

HDMI sendiri masih terus berkembang hingga saat ini, HDMI disinyalir akan menjadi teknologi masa depan bagi perangkat saat ini. Ini terbukti dengan mulai adanya instalasi port HDMI pada perangkat portable seperti pada beberapa tablet ternama di pasaran saat ini. HDMI sendiri merupakan terobosan terbaru di dalam dunia audio dan video, di mana para pengguna dapat menikmati sebuah kualitas solid tanpa harus direpotkan dengan kabel kabel yang begitu mengganggu dan terkadang merusak pemandangan. Bila anda belum pernah menggunakan HDMI, tidak ada salahnya untuk mencoba fitur HDMI untuk merasakan sensasi baru dan berbeda dari perangkat anda, baik itu tablet atau pun monitor komputer anda. Selamat mencoba! [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel