Interface Keyboard Baru Dari Blackberry Bagi Tuna Netra

24 Mar 2011 15:22 5650 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Research-In-Motion (RIM) begitu berkomitmen terhadap kepentingan kaum penyandang cacat dalam menggunakan produk BlackBerry-nya. Terbukti, setelah menyediakan berbagai fitur untuk pengguna BlackBerry yang mengalami gangguan pendengaran, kini RIM tengah mengembangkan teknologi agar para penderita tuna netra pun dapat memanfaatkan smartphone-nya secara optimal.

Tampaknya Research-In-Motion (RIM) begitu berkomitmen terhadap kepentingan kaum penyandang cacat dalam menggunakan produk BlackBerry-nya. Terbukti, setelah menyediakan berbagai fitur untuk pengguna BlackBerry yang mengalami gangguan pendengaran, kini RIM tengah mengembangkan teknologi agar para penderita tuna netra pun dapat memanfaatkan smartphone-nya secara optimal. Mereka baru saja mematenkan fasilitas yang spesial diperuntukkan bagi pengguna dengan gangguan penglihatan total.

Paten tersebut dilakukan terhadap teknologi Multi-Tap Keyboard User Interface yang menyediakan feedback atau respon suara setiap kali pengguna memasukkan input atau saat keypad BlackBerry-nya ditekan. RIM menyatakan, teknologi ini diharapkan mampu membantu terutama bagi kemudahan dalam mengirim surat elektronik. Melalui fasilitas tersebut, input yang dimasukkan oleh pengguna tak hanya dikonfirmasi secara visual, namun juga audio.

RIM berjanji, teknologi ini akan segera dirilis ke pasar sehingga tidak ada lagi diskriminasi penggunaan BlackBerry yang terjadi di masyarakat. Baik orang dengan panca indera lengkap maupun penyandang cacat, semua diharapkan mampu menikmati perkembangan teknologi gadget yang semakin maju dari masa ke masa. ZF

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel