Ini Keuntungan Penerapan Payroll System Pada Perusahaan

22 Dec 2018 13:32 662 Hits 0 Comments
Keuntungan Penerapan Payroll System Pada Perusahaan

Payroll adalah salah satu software yang pada umumnya digunakan oleh bagian HRD yang ada pada suatu perusahaan mereka di dalam menghitung gaji karyawan. Para HRD akan menghitung berapakah yang harus dibayarkan ke pegawai dan apakah itu sudah sesuai dengan kerjanyaapa belum.  Semuanya akan dihitung dari uang pokok, uang makan, uang transport, uang harian, uang lembur danlain sebagainya. Berbagai macam kegiatan tersebut pastinya akan sangat merepotkan jika dihitung secara manual.

Apabila karyawan yang ada di suatu perusahaan tersebut mencapai ratusan atau ribuan dan ditambah lagi pada bagian HRD-nya sedikit, maka waktu yang dibutuhkan untuk menghitung pastinya akan menjadi sangat lama. Karena permasalahan seperti ini, maka telah tercipta sistem software payroll. Aplikasi payroll ini merupakan sistem penggajian pegawai dari suatu perusahaan yang dibuat guna mempermudah dan membantu menghitung gaji karyawan dengan otomatis dari unsur-unsur yang sudah ditetapkan.

Keuntungan Payroll Untuk Perusahaan

Di zaman yang telah modern seperti saat ini, ternyata masih banyak sekali  perusahaan yang melakukan pencatatan dengan manual di dalam mengatur berbagai macam hal yang ada kaitannya dengan operasional perusahaan. Operasional perusahaan ini diantaranya yaitu seperti absensi, payroll (penggajian).

Kesalahan perhitungan gaji memang  adalah hal yang tidak diharapkan oleh para karyawan. Nah, dengan software penggajian karyawan seperti System Payroll ini, maka hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekeliruan bisa dihindari oleh perusahan. Karena, pada umumnya sistem itu mempunyai mekanisme back-Up data dan juga data yang masuk sudah tersimpan dalam lokasi yang aman. Inilah keuntungan payroll untuk perusahaan.

Lebih Hemat Waktu

Dengan menggunakan payroll ini maka bisa lebih menghemat waktu. Yang mana jika asalnya penghitungan gaji untuk 100 orang yang dapat menghabiskan beberapa hari dapat dengan cepat, maka dihitung dalam 1 hari. Sebab, pada aplikasi payroll ini telah tersedia penghitugan gaji yang sesuai dengan kehadiran yang telah sinkron dengan menggunakan alat finger print (absensi menggunakan sidik jari). Ada juga modul lembur yang bisa digunakan untuk mempermudah penghitugan gaji sesuai dengan  berapa hari para pegawai hadir dan berapa lama dia lembur dapat di hitung otomatis dengan memakai aplikasi payroll ini.

Lebih hemat pegawai HRD

Keuntungan yang lainnya yaitu juga bisa lebih hemat pegawai HDR. Pada umumnya  untuk menghitung gaji 100 pegawai pada 1 hari membutuhkan HRD lebih dari 3 sampai dengan 5 orang. Namun, dengan terdapatnya aplikasi payroll yang membantu dalam perhitungan gaji cukup dengan 1 sampai dengan 2 HRD yang diperlukan oleh perusahaan dan dengan lebih cepat. Kemudian dengan sedikit karyawan yang dipekerjakan juga bisa lebih menghemat keuangan perusahaan.

Memang banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi payroll ini. Yang paling penting pada aplikasi ini sistem akan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan juga masalah yang terjadi dalam sebuah perusahaan tersebut dan juga harus sesuai dengan prioritas.

Tags Software

About The Author

Risal Faqih 13
Pensil

Risal Faqih

Saya RISAL, aktif ngeblog sejak 2009

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel