Pangdam III/Siliwangi Dengan Katamaran Telusuri Sungai Citarum

19 Sep 2018 09:02 1269 Hits 0 Comments
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) saat melaksanakan peninjauan Sungai Citarum di Sektor 6 Posko Satgas Citarum Harum di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Selasa (18/9).

Dayeuhkolot Kab. Bandung,-  “ Alhamdulillah progres kegiatan Citarum yang saat ini sudah dan terus berlangsung dalam waktu 6 bulan sudah berjalan, dari pagi siang dan malam prajurit – prajurit Maung Siliwangi bersama dengan masyarakat bahu membahu mereka melaksanakan revitalisasi kembalinya sungai Citarum “.

 

Dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) saat melaksanakan peninjauan Sungai Citarum di Sektor 6 Posko Satgas Citarum Harum di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Selasa (18/9).

 

Dilanjutkannya, “ Kita lihat perubahan dinamika kehidupan disepanjang Sungai Citarum sudah mengalami perubahan, kalau kita lihat dilatar belakang ini masyarakat sudah mulai banyak beraktivitas diantaranya memancing, mencari ikan dan maindset apa yang kita tanamkan Sungai sebagai serambi depan rumah kita ini sudah berjalan dengan baik “, kata Pangdam.

 

“ Hal ini terindikasi dari beberapa kesadaran masyarakat bahkan hampir 500 unit rumah yang berada di bantaran sungai mereka bongkar dengan kesadaran, tanpa ada paksaan mereka sadar membokar rumahnya dan sekarang sepanjang bantaran menjadi terbuka, menjadi lahan terbuka yang indah yang digunakan sebagai tempat bermain, tempat olah raga dan sarana hiburan masyarakat ‘,  jelanya.

 

“ Kalau kita lihat dinding sepanjang ini sedang kita percantik menjadi lukisan moral yang indah nantinya ikut mendampingi dari keindahan sepanjang sungai Citarum “, ulasnya.

 

“ Selain itu program saya salah satunya adalah apa yang menjadi target Keppres 15 tentang Citarum itu berlaku 7 tahun, tapi saya lihat 7 tahun adalah impian saya dan saya yakin 2 tahun kalau masyarakat semua kompak, semangat dan kesadaran para pelaku industri untuk mereka benar - benar sadar untuk bisa mengendalikan limbahnya, saya yakin 2 tahun bisa dilakukan “, ulasnya.

 

“ Dengan upaya paksa yang kita lakukan melalui pengecoran saluran - saluran pembuangan limbah mereka, mereka mampu melakukan perbaikan IPALnya dalam waktu hanya 1 minggu sampai dengan 11 hari ternyata mereka mampu yang selama ini mereka larut dan nyaman dengan situasi, mereka punya IPAL tapi tidak pernah memfungsikan IPALnya dengan baik “, ungkapnya.

 

Dengan perahu Katamaran Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) bersama rombongan menelusuri sungai Citarum meninjau langsung kondisi Sungai Citarum saat ini di sektor 6 Satgas Citarum Harum. 

 

( Pendam III siliwangi ) 

Tags

About The Author

Wahyudin 37
Ordinary

Wahyudin

Wahyudin Jurnalist Bandung

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel