Mitos di dunia teknologi yang masih dipercayai hingga saat ini

13 Sep 2018 11:02 1596 Hits 0 Comments
Saat ini, teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir setiap manusia membutuhkan teknologi dalam kehidupannya,

Saat ini, teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir setiap manusia membutuhkan teknologi dalam kehidupannya, baik alat komunikasi ataupun alat-alat lainnya yang dapat menunjang kehidupan manusia. Namun tahukah kalian terdapat beberapa mitos di dunia teknologi yang sampai saat ini masih dipercayai. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Tombol 'Refresh' mempercepat windows

Gambar terkait

Banyak orang saat ini yang masih percaya dengan mitos ini. Dimana saat kita mengklik tombol 'refresh' bisa membuat PC lebih segar dan lancar. Hal ini juga diyakini secara otomatis akan membuat PC menjadi lebih ringan dan lebih cepat.

Padahal faktanya, perlu kalian tahu tombol 'refresh' memiliki kegunaan yang jauh berbeda dengan ungkapan di atas. Tombol 'Refresh' hanya berguna untuk memperbaiki windows apabila terjadi gangguan atau kesalahan kecil.

Tombol refresh hanya me-recall semua icon di 'desktop' atau 'explorer' millenials dan meng-update icon jika terjadi perubahan. Misalnya, millenials sudah mengganti nama 'folder' tersebut tidak berubah. Disinilah kegunaan tombol 'refresh', yaitu meng-update perubahan yang terjadi.

2. Menggunakan ponsel saat dicas akan meledak

Gambar terkait

Banyak orang yang berpendapat "jangan pernah memakai smartphone yang sedang dicas karena bisa meledak kapan saja".

Smartphone sejatinya memiliki kecenderungan sangat kecil untuk meledak, walau dalam keadaan dicas sekalipun . Mungkin mereka bercermin dari masalah Samsung Galaxy Note 7 yang banyak meledak beberapa waktu lalu. Galaxy Note 7 meledak bukan karena faktor charging, ponsel ini meledak karena adanya kesalahan produksi. 

Smartphone yang dicas memang mempunyai panas yang lebih karena baterai ponsel tengah dialiri oleh arus listrik. Namun jika smartphone memiliki panas yang tidak normal maka salahkanlah kepala charger yang millennials pakai atau baterai ponsel yang memang mulai usang.

3. Menutup semua aplikasi dapat memghemat pemakaian baterai

Hasil gambar untuk clear cache data

Pada antarmuka smartphone kita mengenal istilah ‘Close All atau Clear All’, yaitu menutup semua aplikasi di jendela recent app. Memang benar, menutup semua aplikasi dapat meringankan smartphone, tapi apakah kegiatan ini menghemat baterai? Justru sebaliknya.

Menutup semua aplikasi malah akan membuat baterai smartphone jadi lebih boros karena beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, BBM dan lainnya masih berjalan di background walaupun millennials menekan tombol ‘close all‘. Bukannya menghemat, justru kegiatan ini malah menguras baterai karena aplikasi yang ditutup tersebut akan memulai prosesnya dari awal.

4. Sinyal penuh berarti koneksi cepat 

signal.png

Semua orang pasti mengira bahwa saat sinyal smartphone penuh, kecepatan internet juga akan lebih cepat dan lancar. Mungkin kalian pernah mengalami saat sinyal ponsel penuh tetapi koneksi internet tetap lambat, bahkan mengalami gangguan saat menelpon seseorang. Ini menandakan bahwa sinyal penuh tidak menjamin layanan operator yang baik. Sinyal yang penuh hanya menunjukan kalau millennials itu semakin dekat dengan menara BTS (Base Transceiver Station).

Memang ada pengaruhnya, tetapi tidak banyak. Pengaruh terbesar dari kecepatan internet ialah layanan operator itu sendiri. Jika operator memiliki Bandwidth internet yang besar dengan sinyal 2-3 bar saja koneksi internet kalian bisa lancar dan ngebut.

5. RAM besar lebih cepat

Hasil gambar untuk ram

Banyak yang menganggap bahwa jika ram besar maka PC atau laptop akan semakin cepat.

Faktanya RAM pada dasarnya tidak lebih dari sebuah penyimpanan memori sementara, tempat untuk menampung memori aplikasi yang sedang berjalan. Meningkatkan kapasitas RAM hanya berguna bila RAM kalian saat ini tidak dapat menangani penggunaan PC yang berat. Misalnya saat ini kalian memiliki RAM sebesar 4GB, tetapi kalian sering membuka aplikasi yang membutuhkan RAM hingga 6GB. Sudah barang tentu PC millennials akan berjalan dengan lambat karena kapasitas RAM 4GB tidak bisa menampung memori sebesar 6GB.

Masalah di atas dapat ditangani dengan cara mengupgrade RAM hingga 6GB. Jadi, dalam perkara ini walaupun kalianmeng-upgrade RAM sebesar 8GB maka kecepatan boost PC akan tetap sama yaitu sebesar 6GB.

6. Jangan mencabut USB sebelum di eject

Hasil gambar untuk eject usb

Kalian pasti sering mendengar kata “eject USB dulu sebelum dilepas, kalau tidak data di USB bisa rusak dan hilang”. Faktanya selama kalian tidak menulis data ke dalam USB/flashdisk maka kalian bisa bebas untuk mencabut USB tersebut kapan aja. Mengklik eject atau Safely remove USB hanya berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada proses Write/menulis data ke dalam USB/flashdisk.

Secara default, OS hanya membutuhkan waktu 0,5 detik untuk memastikan bahwa tidak ada aktivitas penulisan data ke dalam USB. Jadi, kalian hanya perlu menunggu selama 0,5 detik setelah melakukan perubahan data, setelah itu kalian bebas mencabut USB kapan saja kalian mau.

7. Mengosongkan 'Recycle Bin' akan menghapus data secara permanen

Gambar terkait

Banyak orang beranggapan, untuk menghapus data secara permanen tinggal delete data di ‘recycle bin‘ dan data kalian sudah terhapus secara permanen’. Sayangnya tidak semudah itu, pada Windows menghapus data di ‘recycle bin’, maka OS hanya menandai data tersebut telah dihapus dan setelah itu Windows membebaskan ruang yang telah dipakai data tersebut.

Sebenarnya, data yang dihapus tersebut masih ada dan akan terhapus secara permanen jika data tadi ditimpa oleh data lainnya dalam jumlah yang banyak. Jadi, menghapus data secara permanen tidak semudah yang kita bayangkan. Karena belum terhapus secara permanen, data tersebut dapat dipulihkan dengan aplikasi recovery seperti ‘Recuva‘ atau aplikasi recovery lainnya.

 

Nah itulah beberapa mitos yang selama ini masih dipercayai hingga saat ini.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 32
Ordinary

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel