1

WOW ini dia penemuan mahasiswa indonesia Kursi Anti Ngantuk

20 Jul 2018 09:03 1444 Hits 0 Comments
WOW ini dia penemuan mahasiswa indonesia Kursi Anti Ngantuk

Rasanya sudah sering kita lihat foto maupun video yang menunjukkan para anggota DPR tertidur saat sidang berjalan. Padahal dalam sidang sedang membahas kasus penting. Banyak yang menanggapi fenomena itu dengan negatif, tapi ada juga yang seolah memaklumi apa yang dirasakan anggota-anggota DPR tersebut lantaran pekerjaan mereka yang menumpuk, membuat banyak waktu tidurnya terpangkas. Meski begitu tetap saja hadir dan menyaksikan jalannya rapat sudah jadi salah satu tanggung jawab mereka sebagai anggota legislatif.

Kemarin (4/12), Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengusulkan sebuah inovasi kursi anti ngantuk besutan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) untuk digunakan di gedung DPR. Wah, sepertinya menarik ya, kira-kira bakal kayak apa cara kerjanya? Kuy kita simak

Nama Wahyu Tasry Naufal, Asri Anjasari, dan Prayoga Bintang Primawan jadi banyak diperbincangkan sejak mereka berinovasi menciptakan Alas Duduk Anti Kantuk alias Alakantuk. Riset 3 mahasiswa jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Malang ini berangkat dari keresahan mereka akan banyaknya kecelakaan yang terjadi di kota-kota besar, termasuk Malang. Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan itu disinyalir akibat pengendara tak bisa menahan rasa kantuk sehingga kecelakaan nggak bisa dihindari.

Selain digunakan untuk pengendara jalan, Alakantuk ini juga bisa dipakai pelajar atau mahasiswa yang sulit berkonsentrasi di kelas karena mengantuk. Kini penemuan mereka masih dalam proses pengajuan hak paten dan perbaikan desain.

Kira-kira gimana sih cara kerja kursi ini? Sebenarnya sederhana saja lho. Dilansir Tempo, Alakantuk terdiri dari dua komponen, yakni gelang dan alas duduk. Pada gelang yang nantinya dipasang di pergelangan tangan, terdapat sensor yang bisa mendeteksi detak jantung. Ketika sensor ‘membaca’ detak jantung sedang berada di bawah angka normal, sebuah alas duduk yang berisi komponen elektronik berupa penggetar, akan menciptakan getaran untuk mendorong detak jantung meningkat kembali. Dengan getaran itu rasa kantuk bisa hilang dan pengguna jadi fokus kembali.

Saat menghadiri Seminar Nasional “Hilirisasi Teknologi dan Start-Up Bisnis”, di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Senin (4/12) kemarin, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan kalau kursi Alakantuk akan berguna jika dipakai untuk anggota DPR di ruang sidang. Menurutnya hasil inovasi dan riset mahasiswa akan lebih baik jika bisa diimplementasikan ke kehidupan sehari-hari. Dilansir Tirto, JK juga mengaku akan mengusulkan penggunaan kursi Alakantuk tersebut langsung ke Ketua DPR supaya ditindaklanjuti. Ini mengingat banyaknya video atau foto beredar saat anggota DPR tertidur di dalam ruang sidang.

Fenomena banyaknya anggota DPR yang nggak menyimak jalannya sidang atau rapat memang tampak sepele bahkan cenderung lucu. Tapi kalau dipikir ulang, bagaimana masalah negara atau kasus penting yang dibahas di dalam sidang bisa diselesaikan jika peserta rapatnya aja tertidur? Ini jelas bisa jadi masalah serius sih, kalau nggak dipikirkan jalan keluarnya. Ya, semoga aja dengan adanya teknologi kursi anti ngantuk itu, para wakil rakyat bisa lebih semangat menyelesaikan masalah-masalah negara ya!

Tags Teknologi

About The Author

I Putu Aldy Cahyakusuma 23
Novice

I Putu Aldy Cahyakusuma

Student
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel