1

Pengenalan Farmwork CI

3 Jul 2018 11:17 1217 Hits 0 Comments
Mengenal framwork CI untuk pengembangan aplikasi dan code-code

Manusia merupakan mahluk tuhan yang sempurna diciptakan dengan memiliki nafsu dan pikiran,manusia juga merupakan mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri oleh karena itu manusia menciptakan teknologi yang dapat mempermudah mereka untuk melakukan aktifitas sosial seperti telvon yang diciptakan untuk dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya cukup jauh.Selain telvon sekarang manusiapun dipermudah lagi untuk mendapatkan informasi melalui internet dan website.

perkembangan teknologi sekarang tidak lepas dari pembaruan-pembaruan perangkat lunaknya (software),sekarang banyak dijumpai jenis software yang open source yang bisa didapatkan secara gratis dan juga kita bisa mengubah fasilitas-fasilitas yang ada di software itu menjadi seperti apa yang kita inginkan dan bisa menyebarkan software yang telah kita ubah menjadi lebih bebas.

Salah satu bahasa pemprograman web yang open source salah satunya yaitu codeigniter (CI) yang merupakan farmwork php yang tangguh.Farmwork merupakan kerangka kerja yang memudahkan pengembangan aplikasi dan software  dengan bahasa pemprograman tertentu,pengembangannya tinggal mengikuti alur framwork dan memanfaatkan library untuk perintah-perintah umum,seperti Creat,Delete,Read,update,dan lain-lain.

Untuk sekarang framwork CI berada pada versi 3.0.3 dan setiap bulan selalu diperbaharui untuk terus menyempurnakan framwork CI dari segi keamanannya,penanganan eror dan bug,dan menambah fitur-fitur baru.framwork bisa di download di akun resminya http://codeigniter.com.

Dalam framwork CI terdapat 3 folder utama diantaranya folder application folder ini merupakan tempat dari pengembangan web dan code-code dituliskan di folder tersebut.selanjutnya yaitu folder system yang berisikan definisi kelas-kelas inti yang sudah dibuat oleh pengembang CI.yang terakhir yaitu folder user_guilde berisi tutorial atau dokumentasi cara menggunakan CI.Untuk pembuatan website kita hanya perlu memodifikasi folder application saja.

Cara pemanggilan fungsi yang sudah dibuat pada class contoller bisa dipanggil melalui URL dengan format : host/index.php/class_name/fungtion_name/data,Contoh : http://localhost/codeigniter/index.php/user/index.

Farmwork CI sekarang banyak digunakan oleh banyak orang karena sangat mempermudah pengguna dalam merancang program karena terdapat banyak contoh implementasi codenya dan dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap.

Tags

About The Author

neng meri ratna sapuri 21
Novice

neng meri ratna sapuri

hai..nama saya merry,saya bersekolah di SMK al huda sariwangi di tasikmalaya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel