1

Operasi Tangkap Tangan Pembuang Sampah Sembarangan Dampaknya Makin Terasa

28 Mar 2018 18:08 1330 Hits 0 Comments
Hati-hati buang sampah sembarangan di Kota Bandung

Gema Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tewak nu Miceun Runtah (buang sampah sembarangan, red) yang digelorakan Pemerintah Kota Bandung melalui PD Kebersihan mulai membuahkan hasil. Salah satu indikatornya, jumlah pelaku yang tertangkap tangan mengalami penurunan.

Seperti terpantau pada operasi di Kawasan Jalan Sudirman Kota Bandung, Selasa malam lalu   (27/3/2018) yang dimulai pukul 20.00 WIB.

Operasi ini digelar untuk menindaklanjuti Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2005 tentang penyelenggaraan ketertiban, kebersihan dan keindahan.

Dalam operasi itu, PD Kebersihan menemukan 4 pelaku pembuang sampah sembarangan dengan berbagai alasan. Para pelaku tersebut kemudian diedukasi agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, para pelaku akhirnya membawa pulang kembali sampahnya.

Komandan Patroli Pengawas Kebersihan, Elan menuturkan, dalam sekali operasi, biasanya dapat menemukan puluhan pelaku pembuang sampah sembarangan.

"Bisa sampai puluhan, tergantung tempat dan kawasan rawan buang sampah sembarangan atau tidaknya. Pelakunya tak hanya sampah rumah, bisa sampah toko, atau sampah lainnya," ujarnya.

Elan mengatakan, operasi tangkap pelaku pembuang sampah konsisten digelar seminggu sekali telah memberikan dampak yang signifikan. Beberapa kawasan di Kota Bandung  seperti Cihampelas dan Cibaduyut sudah mengalami penurunan pelaku buang sampah sembarangan.

"Ya Alhamdulillah, pelaku Buang sampah sembarangan di beberapa kawasan yang sudah di OTT tidak ditemukan lagi, berkurang bahkan tidak ada, jadi bersih seperti di kawasan Cihampelas yang asalnya banyak sampah di jalan jadi berkurang dan bahkan jadi lumayan tertib," katanya.

Dituturkan, operasi Ini merupakan upaya sosialisasi Pemerintah Kota Bandung untuk meminimalisir pembuang sampah sembarangan. OTT ini merupakan upaya sosialisasi sekaligus bentuk teguran secara langsung kepada pembuang sampah sembarangan untuk buang sampah pada tempatnya.

“Untuk itu, kesadaran membuang sampah pada tempatnya harus berasal dari diri sendiri. Ya dasarnya kan buang sampah pada tempatnya kan harus berasal dari pribadi kita dan untuk jaga lingkungan,  tapi kita akan tetap lakukan operasi sebagai bentuk sosialisasi," tutupnya.

Tags

About The Author

Buddy Wirawan 41
Ordinary

Buddy Wirawan

jurnalis, suka musik metal
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel