Video Tutorial Sebagai Media Promosi

12 Sep 2016 17:44 1408 Hits 2 Comments
Video sebagai media promosi yang paling efektif.

Di era modern ini Orang-orang sudah tidak susah payah lagi untuk merepresentsikan sesuatu. Caranya beragam, mulai dari penggunaan media konvensional sperti banner, koran, pamphlet dan baliho sampai media video yang merupakan cara paling ampuh untuk menyampaikan sebuah pesan lewat Bahasa visual.

 

Dunia pendidikan misalnya, kemajuan teknologi tentunya sangat membantu pelajar untuk memperoleh informasi lebih cepat. Dulunya artikel menjadi favorit tapi sering berkembangnya dunia komunikasi visual, video merupakan pilihan utama para khalayak untuk memperoleh informasi lebih cepat dan efektif.

 

Video tutorial merupakan salah satu yang sangat edukatif juga informatif. Itulah sebabnya dewasa ini khalayak lebih memilih menonton video tutorial untuk mengetahui secara cepat langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya: DIY – Cara Membuat Lampu Meja 

 

Lewat video, akan lebih mudah untuk bisa memahaminya. Kenapa Demikan? Karena video merupakan media presentasi yang secara tidak langsung bisa membawa kita masuk kedalam informasi yang disampaikan.

 

Beberapa manfaat  dari penggunaan  video sebagai media presentasi  antara lain :

  1. Memaksimalkan pencapaian dalam waktu yang singkat.
  2. Menjelaskan hal-hal yang susah atau tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata
  3. Menyentuh emosi
  4. menghibur

 

Pada video “Cara Membuat Lampu Meja Dari Kanvas – Plimbidotcom”, jika informasi tersebut berbentuk naskah atau tekstual mungkin harus dilengkapi dengan puluhan gambar ilustrasi, jika berbentuk verbal,  mungkin tidak semua informasi bisa diserap dengan benar, tetapi jika menggunakan video mungkin akan lebih mudah dipahami karena video merupakan gabungan dari unsur audio maupun unsur visual.

 

Di akhir tulisan singkat ini, saya mengajak kita semua untuk bisa memaksimalkan media video untuk berbagai kepentingan, salah satunya kepentingan edukasi. 

About The Author

Rizky Suhri 11
Novice

Rizky Suhri

Architecture Student

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Rizky Suhri