Cara Membuat Batik Norak Khas Bekasi - Plimbidotcom

12 Sep 2016 06:00 2844 Hits 0 Comments
Berikut ini Cara Membuat Batik Norak Khas Bekasi

Bekasi Punya Batik lho, Namanya Batik Norak Khas Bekasi

Sekarang Bekasi sudah punya batik sendiri lho…namanya Batik Norak atau Batik Nora. Kok namanya unik pakai norak lagi….ga pa pa yang penting norak asal nyohor…..ha ha ha.. ga ding, ga boleh nyohor nanti dikata sombong…. Mengapa dinamakan Batik Norak, karena erat kaitannya dengan uniknya budaya masyarakat Bekasi jaman dulu, yang norak cara berpakaiannya dan norak cara ngomongnya. Jaman dulu orang Bekasi ketika lebaran, dan saling silaturahmi berkunjung pada sanak family, memakai pakaian yang warnanya ngejreng, jadi kelihatan unik, apalagi saat itu Bekasi masih banyak persawahan, orang-orang pada jalan beriringan di pematang sawah pakai baju baru lebaran dengan warna baju yang ngejreng dan berwarna-warni. Terus cara ngomongnya orang Bekasi juga unik,  karena mempunyai kosa kata tersendiri yang disebut dengan Bahasa Bekasi,  yang berbeda dengan kosa kata Bahasa Betawi pada umumnya.

Jadi kata Norak berkonotasi dengan kata Unik dalam artian yang lebih luas. Karena noraknya maka jadi unik dan tentunya berbeda dengan yang lain. Ingat…Norak bukan berarti kampungan lho. Catet itu, supaya tidak salah persepsi atau salah pengertian, karena norak adalah unik. Itulah khasnya Bekasi dan uniknya Bekasi. I love it all. Dan untuk membedakan batik Bekasi dengan batik lainnya di Indonesia, maka Eddy Suwantoro mempopulerkan istilah Batik Bekasi dengan nama Batik Norak, sesuai dengan nama brands batik yang diusung oleh Eddy Suwantoro. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan ini lho Batik Norak khas Bekasi. Memang membutuhkan waktu dan perjalanan panjang untuk lebih mempopulerkan istilah Batik Norak khas Bekasi, tetapi setidaknya ajang Plimbi Video Contest 2016, menjadi sarana untuk memperkenalkan Batik Norak Khas Bekasi kepada khalayak luas di seluruh Indonesia. Apalagi proses pembuatan Batik Norak Khas Bekasi sangat unik, karena menggunakan barang-barang bekas seperti kaleng bekas (biscuit dan susu) serta plat aluminium bekas, sebagai bahan pembuatan Canting Cap yang unik Khas Batik Norak Bekasi, yang digunakan dalam proses cap pada kain dengan lilin batik, yang proses pembuatannya dapat Anda saksikan pada video berikut,

Semoga info ini berguna,  semoga istilah Batik Norak Khas Bekasi makin popular dan yang paling penting produksi Batik Norak Khas Bekasi (batik tulis maupun batik cap) makin ramai.

About The Author

Eddy Soewantoro 13
Novice

Eddy Soewantoro

Batik Norak Khas Bekasi http://khasbatik.blogspot.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Eddy Soewantoro