Berkarya Melalui Sablon Cukil

12 Sep 2016 02:32 2062 Hits 0 Comments
Para Pelajar sedang praktek Sablon Cukil di Rumahh Belajar Sangkanparan

Aisyah SDR, adalah salah satu siswa SMK N1 Karanggayam. Dirinya mencoba berbagi cerita melalui video, tentang pengalamanyya yang seru yaitu membuat gambar pada kaos dengan tekhnik Cukil. Yah Sablon Cukil ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hardoard Cutting ini sudah ada sejak jaman dahulu. Tekhnik Cukil ini digunakan oleh para seniman sebagai media propaganda. Misalkan menyuarakan ketidak adilan, kerusakan lingkungan dan lain-lain. Media yang digunakan cukup mudah, yaitu papan MDF, alat gambar, alat cukil, tinta hitam, roll karet serta kaos polos yang akan di sablon.

Awalnya, papan digambar, ingat proses menggambarnya harus dibalik agar ketika diterapkan pada kaos, gambar dapat sesuai dengan keinginan. Setelah gambar jadi, maka papan siap untuk dicukil. Setelahh cukilan selesai, papan di roll dengan tinta hitam. Kemudian setelah papan rata di roll dengan tinta hitam, maka langkah selanjutnya adalah papan diletakan tepat diatas kaos yang ingin kita sablon. Injak-injak papan tersebut sekitar 4 sampai 5 menit. Hingga yakin benar bahwa yang kita injak sudah rata. Kemudian bukalah papan tersebut, dan lihatlah hasilnya.

Dalam video ini Aisyah bercerita tentang pengalamanya membuat gambar-gambar yang bertema penyelamatan lingkungan. Baginya berkampanye melalui sablon cukil adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Dengan cara yang asik dan sederhana.

Kira-kira demikian cara membuat sablon cukil tersebut, untuk lebih jelasnya simak video pendek cerita Aisyah berikut. https://youtu.be/g5DfC16PwTY

About The Author

INSAN INDAH PRIBADI 15
Novice

INSAN INDAH PRIBADI

Pengelola komunitas Sangkanparan. Aktifitas sehari-harinya adalah memfasilitasi pelajar dalam bidang multimedia.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From INSAN INDAH PRIBADI