4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Video Tutorial

11 Sep 2016 20:01 7378 Hits 0 Comments
Artikel tentang pengalaman saya dalam membuat video tutorial.

Video tutorial ditujukan untuk memberikan edukasi tentang bagaimana cara membuat atau melakukan suatu hal dengan konten yang disajikan step by step menggunakan video. Video tutorial wajib hukumnya dibuat dengan penjelasan dan cara yang jelas atau mudah dipahami.

Sebelum masuk ke pembahasan, silakan lihat dulu video yang saya buat untuk mengikuti video contest dari Plimbidotcom: 

Video tersebut adalah video tutorial pertama saya. Saya banyak belajar dalam pembuatan video tersebut. Beberapa hal yang saya pelajari dalam pembuatan video tutorial adalah sebagai berikut:

1. Konsep

Konsep sangat penting dalam segala hal, tak terkecuali ketika kita akan membuat video tutorial. Sebelum membuat video tutorial kita harus tahu dan paham apa yang akan kita buat dan bagaimana cara membuatnya. Kemudian kita susun secara runtut apa yang akan kita lakukan dari awal sampai akhir dalam pembuatan video. 

2. Skrip/naskah

Jangan salah, skrip atau naskah tidak hanya digunakan untuk pembuatan film. Dalam pembuatan video tutorial naskah sangat berperan penting. Naskah bisa dibuat setelah kita menentukan konsep. Dan jika kita meninjau esensi dari video tutorial yang merupakan sarana edukasi, naskah haruslah disusun dengan benar dan mudah dipahami.

3. Kamera, Lighting dan Microphone

Kamera

  • Kamera merupakan hal yang vital, ya namanya juga video tutorial, proses perekaman gambarnya ya pake kamera, masa pake skop semen? Hanya saja, kamera tipe apa, mahal apa tidak, speknya tinggi apa busuk itu tidak terlalu penting, selama cara-cara/tutorial yang kita sampaikan mudah dipahami.

Lighting

  • Untuk membuat video dalam ruangan, intensitas cahaya harus diperhatikan. Kenapa memang jika tidak diperhatikan? Yap! Noise! Hiii noise..

ââMicrophone

  • Sebenarnya mic tidak terlalu penting sih, toh kamera juga punya mic internal sendiri. Tapi, kalau memang ingin kualitas suaranya bagus ya harus pakai mic. Sekarang banyak kok mic yang harga murah tapi kualitasnya bagus.

4. Proses Editing

Setelah pengambilan video selesai, kita masuk proses editing. Dalam proses ini, kita bisa mengetahui bagian video mana yang kurang ataupun bagian mana yang harus dipotong. Kita juga bisa menambahkan infografik yang akan memperindah dan mempermudah video tutorial kita dalam menyampaikan edukasi. Ada banyak software video editing, seperti iMovie, Sony Vegas, Adobe Premiere, dan masih banyak lainnya. Tapi untuk saya sendiri, saya lebih suka pakai Adobe Premiere, soalnya uah familiar sama dedengkot software Adobe. Hihihi.

Seperti itulah hal-hal yang perlu dan mungkin harus diperhatikan dalam membuat tutorial. Jika ada kesalahan atau ada kekurangan silakan berikan kritik di kolom komentar.

Jika kalian bisa melakukan sesuatu, kenapa tidak berbagi dengan orang lain? Selamat mencoba dan salam kreatif! :D

About The Author

Muhammad Wildan 16
Novice

Muhammad Wildan

Pecandu tekstur kayu dan logam berat.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Muhammad Wildan