Layar ini Memiliki Tingkat Kerapatan Layar Mencapai 847 ppi

26 May 2016 08:49 3917 Hits 0 Comments
Layar tersebut adalah buatan perusahaan Tianma asal China.

Berapa tingkat kerapatan layar terbesar dari sebuah layar yang Anda ketahui sekarang ini?

Bagi kebanyakan orang yang paham dan selalu mengikuti perkembangan teknologi, Quad HD adalah layar dengan resolusi terbesar yang dipergunakan secara umum sekarang ini dengan tingkat kerapatan layar yang memang dapat dikatakan paling besar.

Berada di urutan pertama adalah Samsung Galaxy S7 dengan tingkat kerapatan layar mencapai 577. Kemudian di urutan kedua ada LG G5 dengan kerapatan layar mencapai 554 ppi.

Namun urutan tersebut berubah setelah sebuah perusahaan manufaktur asal China bernama Tianma memamerkan panel LCD terbaru buatannya di sebuah konferensi di San Francisco. Apa yang spesial dari layar yang dipamerkan oleh Tianma ini adalah kemewahan layarnya yang memiliki kerapatan layar mencapai 847 ppi.

Jika dibandingkan dengan layar yang ada pada kebanyakan smartphone flagship sekarang, kerapatan layar setinggi ini adalah yang pertama di dunia.

Layar yang dipamerkan oleh Tianma sendiri adalah dua buah layar, dimana layar yang satu berukuran 5.2 inch dengan resolusi 4k x 2k untuk smartphone; sedangkan layar yang lainnya adalah layar berukuran 10.4 inch dengan resolusi 8k x 4k untuk tablet dan laptop.

Kedua layar yang dipamerkan tersebut memiliki konstruksi LTPS (low-temperature polysilicon) sehingga dapat menghasilkan pixel density yang memang luar biasa besar. Selain itu, kedua layar ini juga menggunakan teknologi Negative LCD untuk tingkat kecerahan layar 1200:1 seperti pada smartphone HTC One M9.

Lu Do dalam wawancaranya yang dilansir oleh situs resmi Tianma menyatakan bahwa pihaknya telah berhasil mendorong dan melewati berbagai batasan dari desain serta proses pada TFT, dan material CF untuk dapat meraih kerapatan layar sebesar 847 ppi.

Dengan hadirnya layar buatan Tianma ini dapat diartikan sebagai langkah besar di dunia teknologi, khususnya pada industri smartphone, tablet dan laptop.

Tapi jangan salah, Tianma bukanlah satu-satunya yang mengeluarkan layar 4K “real” di tahun ini. Karena menurut kabar LG, Samsung dan Sharp akan segera menyusul perusahaan asal China tersebut dengan mengeluarkan layar 4K unggulannya masing-masing.

 

 

 

 

 

sumber: situs resmi Tianma

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel