1

WhatsApp Desktop, Versi Terbaru dari WhatsApp

11 May 2016 12:02 4415 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Serupa tapi tak sama, itulah WhatsApp dekstop jika dibandingkan dengan WhatsApp Web.

WhatsApp, yaitu sebuah aplikasi berkirim pesan yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang adalah salah satu aplikasi favorit banyak orang yang dipergunakan untuk terhubung dengan siapa saja dimanapun dan kapanpun baik ketika Anda di rumah ataupun di tempat kerja.

Seperti halnya WhatsApp versi web, aplikasi WhatsApp versi desktop ini juga adalah ekstensi dari smartphone Anda dimana aplikasi ini meneruskan percakapan dan pesan yang ada di smartphone ke komputer Anda.

Aplikasi WhatsApp untuk desktop ini sudah mulai tersedia untuk Windows 8 ke atas dan juga Mac OS 10.9 ke atas yang nantinya langsung tersinkronisasi dari smartphone dengan komputer Anda.

Dikarenakan aplikasi ini berjalan di desktop dan bukan di web, maka komputer Anda haruslah memiliki alarm notifikasi.

Walaupun jika diperhatikan aplikasi ini hampir sama dengan WhatsApp versi web, ternyata setelah dicoba untuk digunakan, versi desktop dari WhatsApp ini tidak lebih baik jika dibandingkan dengan versi web dimana terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang tidak WhatsApp versi web miliki.

Contohnya saja ketika memulai instalasi aplikasi WhatsApp versi desktop ini, aplikasinya cenderung tidak stabil ketika proses pemasangan. Apalagi proses loading yang lama untuk sebuah file berukuran 60MB bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Padahal untuk WhatsApp versi web, proses mirroring-nya sangat cepat.

Satu kelebihan yang dimiliki WhatsApp versi desktop ini adalah kesamaannya dengan WhatsApp versi smartphone dimana tidak hanya percakapan atau pesan saja yang melalui proses mirroring tapi juga fitur seperti kemampuan WhatsApp untuk membuat sebuah group chat atau percakapan grup.

Namun terlepas dari kekurangan dan kelebihan dari aplikasi ini, WhatsApp versi desktop memiliki kesamaan pada cara penggunaannya dimana pengguna WhatsApp smartphone harus login terlebih dahulu dengan melakukan scanning pada QR Code di situs resmi WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp yang sedang dalam proses mirroring hanya akan dapat berjalan selama WhatsApp yang ada di Smartphone penggunanya tetap terhubung ke internet.

Dengan kata lain, WhatsApp desktop sama dengan WhatsApp web yang bukan merupakan versi standalone seperti halnya LINE dan juga Telegram yang memperbolehkan penggunanya untuk terhubung ke akun miliknya tanpa harus bergantung pada aplikasi yang ada di smartphone.

 

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel