1

Ad Blockers Tidak Berkutik di Hadapan Software yang Satu ini

10 May 2016 09:33 3207 Hits 1 Comments
Ad Blockers memang menguntungkan bagi pengguna, tapi bagi penyedia konten aplikasi itu merugikan

Sebgaai seorang pengguna komputer ataupun smartphone yang suka menjelajah internet, iklan yang biasa bermunculan ketika membuka sebuah halaman adalah satu hal yang paling dibenci karena iklan-iklan tersebut menyedot kuota.

Selain itu iklan-iklan yang tidak jelas darimana asalnya juga terkadang sangat membahayakan karena bisa saja iklan yang dibuka ternyata sudah terselip malware jahat didalamnya.

Untuk mengatasinya, para pengguna komputer atau smartphone yang membenci hal tersebut kemudian menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga bernama Ad Blockers.

Ad blockers atau yang juga kita kenal dengan aplikasi pemblok iklan adalah musuh sejati dari mereka para pelaku usaha di internet yang penghasilannya bergantung pada iklan-iklan di internet.

Berhubung semakin banyaknya pengguna ad blockers di dunia, mereka yang merasa terancam dengan kehadiran ad blockers hingga saat ini sedang mencari-cari sebuah aplikasi untuk menangkis ad blockers.

Salah satu yang menawarkan jasa pemblokiran dari ad blockers tersebut adalah BlockIQ.

BlockIQ dimiliki oleh AdSupply, yang baru-baru ini melebur menjadi sebuah perusahaan bernama Adaptive Medias.

Perusahaan tersebut membuat sebuah aplikasi spesifik yang fungsinya adalah untuk melumpuhkan ad blockers yang namanya adalah BlockBypass.

Software ini diklaim dapat mendeteksi penggunaan ad blockers yang setelah diketahui apa saja yang terkena blokir, software ini kemudian akan menghindari mekanisme dari ad blockers sehingga iklan yang asalnya terkena blokir bisa lolos dari jeratan aplikasi tersebut.

BlockBypass ini terbilang sangat mengancam bagi mereka para pengguna ad blockers. Karena jika sebuah situs menggunakan software ini, maka pemilik atau admin dari situs tersebut dapat melakukan konfigurasi pada software ini seagresif mungkin sampai-sampai para pengunjung situs tidak ada yang mau akses lagi.

Atau software ini juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi mereka para surfer yang belum tahu bahwa iklan di internet itu ada yang ramah terhadap pengguna dan ada yang memang jahat. Sehingga tidaklah fair jika semua iklan yang ada di internet diblokir semuanya.

Selain dapat memperlihatkan iklan, software ini juga memiliki fungsi memblokir akses dari pengguna ad blockers ke situs yang dituju. Akses ini sendiri tidak permanen karena ketika pengguna mematikan ad blockers miliknya, maka akses ke situs akan terbuka kembali.

Bagaimana tanggapan Anda soal software "pembunuh" software ad blockers ini? Bermanfaatkah? Atau malah menyusahkan?

 

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel