Ini adalah 4 Kartini Muda Yang Sukses Di Perfilman Internasional

30 Apr 2016 21:47 72051 Hits 1 Comments
Penuh Bakat, 4 Kartini Muda Ini Jadi Sorotan Internasional Kartini muda berprestasi di dunia internasional
Kartini muda berprestasi di dunia internasional

Raden Ajeng Kartini adalah salah satu pahlawan perempuan bagi masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai perempuan yang mempelopori kesetaraan derajat antara perempuan dan laki-laki di Indonesia.

Semasa hidupnya ia sering melihat terjadinya diskriminasi antara perempuan dan laki-laki, salah satunya adalah di mana beberapa perempuan sama sekali tidak diperbolehkan mengenyam bangku pendidikan.

Ia sendiri mengalami kejadian tersebut ketika ia hendak melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Berdasarkan pengalaman tersebut, ia mencoba berkorespondensi dengan teman-temannya yang berada di luar negeri dengan cara berkirim surat. Pada akhirnya surat-surat tersebut dikumpulkan dan diterbitkan sebagai buku dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Perjuangan Kartini dalam menyetarakan derajat perempuan dan laki-laki patut menjadi contoh untuk generasi saat ini. Meski dengan cara berbeda, perempuan-perempuan Indonesia harus terus berjuang untuk mempertahankan apa yang telah diperjuangkan oleh Kartini.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang diperingati pada tanggal 21 April, saya telah merangkum empat perempuan muda Indonesia yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Tidak hanya berjuang di bidangnya masing-masing, namun mereka juga berhasil membawa nama Indonesia ke panggung internasional. Berikut adalah sosok empat kartini muda Indonesia:

20141128_RiniSugianto_1.jpg

Rini Sugianto

Nama Rini Sugianto memang sudah tak asing lagi di telinga para animator Indonesia. Betapa membanggakannya ketika melihat namanya tertulis dalam kredit film The Adventures of Tintin karya Steven Spielberg.

 

Rini Sugianto 

Perempuan lulusan Academy of Art University, San Fransisco ini adalah salah satu contoh bagi para perempuan muda Indonesia untuk terus berkarya dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Selain di film The Adventure of Tintin, Rini juga terlibat dalam film-film besar Hollywood lainnya seperti The Hobbit: An Unexpected Journey, The Hobbit: The Desolation of Smaug, The Hunger Games: Catching Fire, Iron Man 3, dan The Avengers.

griselda.jpg

Griselda Sastrawinata

Siapa yang tak kenal sosok karakter animasi berkulit hijau bernama Shrek. Tak disangka, salah satu pencipta karakter tersebut adalah orang Indonesia, yakni Griselda Sastrawinata.

Lulusan Pasadena Art Center College of Design (ACCD) tersebut saat ini bekerja sebagai development artist di DreamWorks dan sebagai instruktur di Komunikasi Visual di ACCD pada bagian Desain Produk.

 

Griselda Sastrawinata 

Karya-karyanya di dunia film animasi Hollywood terbilang cukup banyak. Selain terlibat dalam pembuatan film Shrek Forever After, ia juga menjadi salah satu orang dibalik layar dalam film The Croods, How to Train Your Dragon 2, Penguins of Madagascar, dan Home.

Prestasi mengagumkan Griselda dapat menjadi sebuah inspirasi bagi para perempuan Indonesia untuk terus belajar dan mengejar impiannya.

agnes+monica+foto.png

Agnes Monica

Gadis Jakarta bernama lengkap Agnes Monica Muljoto tersebut kini dikenal sebagai Agnez Mo. Kiprahnya di dunia musik tanah air sudah tak usah dipertanyakan lagi. Selain itu, Agnes melebarkan sayapnya ke ranah musik internasional.

Bermacam prestasi telah ditorehkan oleh salah satu Coach ajang The Voice Indonesia ini. 17 Anugerah Musik Indonesia, 8 Panasonic Awards, 5 Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards, dan 4 MTV Indonesia Awards terjejer rapi di lemari pialanya.

 

Agnes Monica 


Talenta bermusik Agnez Mo pun diakui oleh beberapa musisi luar negeri. Ia pernah berkolaborasi dengan musisi luar seperti Timbaland dan penyanyi hip-hop Amerika, T.I. dalam lagu berjudul Coke Bottle, Said I Love You But I Lied bersama Michael Bolton, I’ll Light a Candle bersama Keith Martin, dan seorang penyanyi asalh Meksiko bernama Christian Chavez.

Keinginan kuat untuk terus memajukan industri musik tanah air di kancah internasional selalu ada dalam diri Agnez Mo. Itulah alasan kuat mengapa Agnez Mo pantas dianggap sebagai salah satu Kartini muda Indonesia.

foto+mengoda+cinta+laura.png

Cinta Laura Kiehl

Cantik, muda, dan berbakat cukup menggambarkan sosok Cinta Laura Kiehl. Gadis blasteran Jerman-Indonesia ini mengawali kariernya sebagai penyanyi dan model di Indonesia. Setelah berkecimpung di dunia hiburan, namanya pun semakin terkenal setelah membintangi beberapa acara televisi di Tanah Air.

Kini Cinta menatap karier cerahnya di dunia Hollywood setelah sempat bermain di film After the Dark pada tahun 2013 lalu. Cinta juga dikabarkan akan tampil di film lepasan Harry Potter, Fantastic Beasts and Where to Find Them.

 

Cinta Laura 

Kabar terbaru, namanya sempat tertulis dalam daftar pemain film komedi musikalPitch Perfect 3. Namun, Cinta tidak ingin terlalu membesar-besarkan kabar tersebut dan hanya meminta semuanya untuk melihat saat filmnya sudah dirilis.

Kiprah Cinta di dunia perfilman Hollywood bukan didapat dengan begitu saja. Ia berusaha dan bekerja keras demi menggapainya. Semangat Cinta benar-benar menggambarkan sosok Kartini yang pada masanya ingin menyetarakan derajat perempuan dan laki-laki.

Selamat Hari Kartini! Semoga semakin banyak perempuan-perempuan muda Indonesia lainnya yang dapat mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Dan semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi kita perempuan agar lebih berprestasi menuju jenjang yang lebih baik lagi.

 

About The Author

Sarah Bunga 18
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Sarah Bunga