1

Inilah Prosesor Murah Terbaru dari Intel bernama Apollo Lake

15 Apr 2016 15:34 2255 Hits 1 Comments
Prosesor ini penerus dari Intel Celeron generasi sebelumnya.

Baru saja terjadi, pihak Intel telah mengumumkan kehadiran prosesor terbarunya yang juga adalah penerus dari generasi Celeron di sebuah forum bernama “Intel Developer Forum” yang sedang berlangsung di Shenzhen, China.

Dengan code name “Apollo Lake,”  prosesor ini diklaim mampu menawarkan performa yang lebih baik dari CPU serta grafiknya dibandingkan generasi sebelumnya, dengan kelebihannya pada penghematan daya yang digunakan yang berdampak langsung pada baterai yang dapat bertahan lebih lama.

Pengumuman tentang prosesor “Apollo Lake” sendiri pertama kali diumumkan oleh Navin Shenoy, yaitu Vice President yang juga merangkap sebagai General Manager dari Intel’s Client Computing Group.

Ia menyatakan bahwa perusahaannya telah memiliki 100 desain terbaik dari prosesor “Apollo Lake” yang sifatnya masih rahasia. Satu-satunya pernyataan yang berkaitan dengan prosesor ini adalah sebuah pernyataan bahwa prosesor ini akan mengikuti jejak dari prosesor Cherry Trail dan juga Braswell.

Untuk arsitekturnya, prosesor terbaru ini akan berbasis prosesor “Goldmont,” berbeda dengan Celeron sebelumnya yang arsitekturnya berbasis pada prosesor “Airmont.”

Untuk ketersediaannya sendiri, prosesor ini juga dikabarkan akan hadir pada jajaran laptop serta desktop kelas menengah ke bawah  di akhir tahun 2016 ini.

Menurut rumor yang beredar sebelumnya, prosesor “Apollo Lake” ini akan memiliki port USB Type-C, mendukung layar 4K, dan juga SSD eMMC 5.0.

Walaupun hingga saat ini Intel belum memberikan kabar resmi seputar spesifikasi teknik dari prosesor terbarunya yang bernama “Apollo Lake,”  prosesor ini yang jelas tidak akan setangguh prosesor intel standar lainnya yang umumnya sudah berbasis pada arsitektur tercanggih dari intel yakni arsitektur Skylake.

Oleh karena itu, Intel Apollo Lake dikatakan sebagai prosesor generasi terbaru intel yang berfokus pada “value”  dan bukan menjadi prosesor yang berfokus pada “performance.”

Tags komputer

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel