1

Ladies. . . Ini Loh Bahayanya Tidur Masih Pakai Riasan Mata

31 Mar 2016 18:53 2850 Hits 0 Comments
MEREKA harus menganggap kesehatan mata mereka sama pentingnya dengan kesehatan tubuh lainnya.
                 Illustrasi. (foto: shutterstock)

 

LADIES…, ternyata bahaya loh tidur dengan masih mengenakan make up. Mau bukti? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh kelompok kesehatan terbesar di Inggris mengungkapkan sebanyak 78% wanita yang mengalami gangguan mata memiliki kebiasaan tidak menghapus make up riasan mata mereka saat tidur.

Penelitian ini, seperti dilansir dari female first, dilakukan untuk menemukan penyebab penyakit mata yang diderita termasuk meneliti hubungan antara make up dan gangguan mata.  

Para peneliti dari Optegra.com melakukan survei terhadap 2.143 orang dewasa. Dari mereka yang disurvei terdiri atas 1.069 pria dan 1.074 wanita.

Awalnya, semua responden ditanya apakah mata mereka merasa sehat, yang 67% mengaku bahwa mereka merasa ada gangguan pada mata.

Peneliti kemudian meminta semua individu, mereka harus menganggap kesehatan mata mereka sama pentingnya dengan kesehatan tubuh lainnya. Namun,  mayoritas (72%) menyatakan mereka jarang perduli terhadap kesehatan mata mereka.

Untuk lebih memahami kebiasaan buruk terhadap kesehatan mata di Inggris yang telah dilakukan selama bertahun-tahun, peneliti memberikan semua responden serangkaian pertanyaan.

Tercatat, 47% responden mengaku memakai lensa kontak pada saat tidur. Dari jawaban tersebut mayoritas, 51% nya mengakui bahwa mereka melakukannya sudah cukup lama, tetapi 33% diantaranya melakukannya sering dan baru-baru ini saja.

Mereka yang tidur mengenakan lensa kontak, sebanyak 59% melakukannya dengan alasan malas melepas lensa kontak, 37% mereka keburu ngantuk sehingga tak sempat melepas lensa kontak, dan sisanya 4% menyatakan itu karena mereka 'lupa'.

Yang mengejutkan, para koresponden wanita dalam survei ini membuktikan bahwa sebanyak 78% dari mereka jarang menghapus make up sebelum tidur. Sebanyak 67% di antaranya mengaku lupa dan malas membersihkan make up ketika sebelum tidur. Sisanya mengaku tidak menghapus make up dengan sengaja karena untuk menarik perhatian pasangan saat tidur.

Peneliti juga meminta responden, apakah mereka tahu bahayanya memakai kacamata hitam disaat yang tidak tepat. Sebanyak 77% responden menyatakan tidak tahu. Terungkap, 41% selain tidak tahu mereka mengaku hanya untuk gaya-gayaan, 12% menyatakan mereka sering lupa kalau mereka sebenarnya pakai kacamata hitam, dan 10% tidak berpikir kalau mengenakan kacamata hitam itu adalah masalah besar.

Penelitian lainnya tentang kesehatan mata ini, sebanyak 62% responden baik bekerja di depan komputer secara teratur atau menghabiskan waktu yang lama di depan layar monitor; hanya 13% dari mereka yang bekerja di depan komputer ini mengaku mengambil istirahat secara teratur jauh dari layar untuk memberikan mata mereka istirahat.

"Semua orang tampaknya menjadi lebih sadar akan menjaga kesehatan, bahkan jadi gaya hidup dengan pergi dan menjadi anggota gym. Namun, sering terlupa untuk merawat organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Ya, mata kita. Kebiasaan seperti lupa melepas make-up di malam hari atau meninggalkan lensa kontak Anda," ujar Rory Passmore, Managing Director di Perawatan Kesehatan Mata Optegra.

"Padahal, hal tersebut bisa menyebabkan infeksi mengerikan dan hal itu memiliki potensi untuk merusak mata Anda dalam jangka panjang. Termasuk mengenakan kacamata hitam yang tidak pada tempatnya juga memiliki efek yang sangat merugikan pada kesehatan mata. Terkena sinar UV sangat kuat dalam jangka panjang tidak boleh dianggap remeh. Makanya, rawatlah mata Anda atau Anda mungkin menyesal di masa depan," (*) 

 

Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel