PC Masih Jadi Platform Gaming Terpupuler

19 Mar 2016 22:18 3218 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Agar sebuah platform game bisa sukses di pasaran, platform tersebut wajib hukumnya didukung oleh komunitas pengembang game. Lalu, platform apa yang paling didukung pengembang game?

Agar sebuah platform game bisa sukses di pasaran, platform tersebut wajib hukumnya didukung oleh komunitas pengembang game. Apa gunanya hardware atau mesin game terbaik dengan performa dan kemampuan grafis yang luar biasa jika game yang paling menarik dan paling seru tidak tersedia untuk platform hardware tersebut?

Dari sebuah survey yang dilakukan oleh para penyelenggara di Game Developers Conference minggu ini, terungkap platform mana yang paling didukung oleh pengembang game dan juga platform mana yang kurang diminati.

Ternyata, PC masih menjadi platform utama yang didukung oleh pengembang game. Selisihnya cukup jauh. Dari survey yang dilakukan, sebanyak 52 persen pengembang game mengupayakan agar game-game yang mereka produksi tersedia untuk platform PC.

Perangkat mobile yang sedang jaya-jayanya, yakni smartphone dan tablet berada di posisi berikutnya dengan 44 persen. Para pengembang game juga berduyun-duyun untuk menjadikan platform ini sebagai andalan mereka dalam meraup penghasilan. Khususnya dari smartphone yang saat ini amat sangat banyak digunakan oleh pengguna dari seluruh dunia dan dibawa kemanapun mereka pergi untuk berbagai aktivitas. Termasuk di dalamnya tentu bermain game.

Platform game lain yang melejit popularitasnya adalah virtual reality. Persentasinya naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Kehadiran perangkat berbasis virtual seperti Oculus Rift, Microsoft Hololens dan perangkat virtual reality dari produsen smartphone lainnya memicu banyaknya developer game menghadirkan aplikasi untuk platform tersebut.

Lalu, bagaimana dengan konsol?

Dari konsol game yang tersedia saat ini, Sony PlayStation 4 merupakan platform yang paling banyak didukung oleh pengembang game. Sony PlayStation 4 mengungguli dukungan yang didapat oleh konsol game Microsoft Xbox One yakni 28 persen berbanding 23 persen. Konsol game yang dulu sempat Berjaya, yakni Nintendo Wii semakin kehilangan pamornya. Kini tidak banyak developer yang membuat game untuk produsen tersebut.

Berikut ini hasil survey yang dilakukan oleh para penyelenggara Game Developers Conference 2016 dan dipublikasikan oleh Statista:

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Pada platform apa Anda bermain game?

Tags

About The Author

Tedi Kasuma 45
Ordinary

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel