1

Game Virtual-Reality "Sword Art Online" Jadi Kenyataan

19 Mar 2016 19:16 4754 Hits 0 Comments
tahap pengetesan game yang masih prototipe di Jepang.

Perangkat virtual reality, sekarang ini sedang dalam proses merangkak naik ke tempat dimana perangkat elektronik seperti smartphone, komputer dan konsol game berada.

Salah satunya adalah dengan kehadiran berbagai perangkat tersebut mulai dari Oculus Rift, HTC Vive dan Playstation VR yang saat ini sudah mulai dipasarkan secara bebas.

Kabar baik yang masih berhubungan dengan virtual reality juga hadir untuk mereka para penggemar Anime berjudul “Sword Art Online.” Yaitu sebuah anime yang menceritakan tentang orang-orang yang terperangkap di sebuah game berjenis Virtual MMORPG.

IBM yang juga adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di di bidang teknologi, khususnya yang menyangkut komputer, baru-baru ini sedang mengembangkan sebuah game virtual reality yang diadaptasi langsung dari anime “Sword Art Online.”

Game yang nantinya akan dinamakan “Sword Art Online: The Beginning” ini baru saja melakukan tes terkait mekanisme game serta gameplay-nya seperti yang dilansir oleh Inside Games dan 4Gamer di situs resminya.

Di dalam tes yang ditulis oleh Inside Games dan 4Gamer, terdapat dua orang yang melakukan tes untuk game tersebut.

Tes yang dilakukan sendiri meliputi tes pembuatan karakter dimana para partisipan dapat menscan tubuhnya untuk kemudian di render menjadi sebuah avatar 3 dimensi yang nantinya akan menjadi karakter mereka di dalam game.

Setelah membuat karakter tersebut, para partisipan kemudian dapat menggunakan karakter mereka dengan menggunakan banyak perangkat seperti Oculus Rift sebagai fungsi kepala dan penglihatan, Leap Motion dan Ovrvision untuk fungsi tangan, serta kinect 2 dan sepatu khusus untuk fungsi gerak tubuh serta fungsi gerak kaki.

Perangkat yang digunakan sebagai alat VR sendiri dinamakan NerveGear seperti apa yang ada di dalam animenya, tentunya dengan tambahan label prototipe karena perangkat tersebut masih dalam tahap pengetesan.

Demonstrasi yang dilakukan para partisipan di dalam tes ini sendiri dilakukan di sebuah tempat bernama “Bazaar.” Disini para partisipan mengetes kemampuan dari perangkat yang mereka kenakan untuk memanipulasi benda-benda yang ada di dalam virtual space dari game impian para pecinta “Sword Art Online” ini.

Hype atau antisipasi kemunculan game “Sword Art Online: The Beginning” ini sangatlah tinggi. Buktinya, dari awal pembukaan pra-registrasi untuk menjadi demonstrator saja sudah mencapai 99,800 orang, dengan hanya 208 orang saja yang terpilih.

Tes yang hanya dapat dilakukan oleh warga Jepang ini sudah berlangsung sejak tanggal 18 Maret 2016 kemarin, dengan waktu akhir tesnya jatuh pada tanggal 20 Maret 2016.

Semoga saja semua tes dari game yang IBM sebut sebagai game VRMMO ini dapat menjalani semua tesnya dengan lancar sehingga waktu rilis game ini pun akan segera dipercepat.

Bagi Anda yang ingin memainkan game ini, mungkin dari sekarang Anda harus menyiapkan budget yang pastinya ada di angka puluhan juta rupiah, kecuali jika Anda sudah punya komputer dengan VGA GTX980 dan juga perangkat VR seperti Oculust Rift.

 

 

 

 


Sumber: Inside-Games, 4Gamer

Tags Teknologi

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel