1

Fakta Tentang Mesir

19 Mar 2016 19:25 2431 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tahukah Kamu Bahwa Piramida bukan dibangun oleh Budak? Tahukah kamu bahwa Cleopatra bukan orang Mesir? yuk cek inilah 7 Fakta Tentang Mesir 

Mesir adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir begitu terkenal dengan peradaban kunonya yang begitu megah seperti Piramid Giza, Kuil Karnak, Lembah Raja, Serta Kuil Ramses. Selain itu Mesir juga terkenal dengan cerita kunonya yang begitu merakyat seperti cerita Fir'aun atau Pharaoh. Inilah beberapa fakta tentang Mesir yang kamu harus tahu:

1. Toilet ditemukan di beberapa Kuburan Kuno

Bagi orang Mesir Kuno, kuburan dianggap sebagai kehidupan abadi setelah kematian sehingga mereka membawa toilet untuk dikubur bersamanya. Bahkan mereka juga memumikan kucing untuk ikut mati bersamanya.

2. Baju Tertua di Dunia

Baju tertua di dunia berasal dari Mesir yang berusia sekitar 5.000 tahun. Saat ini baju tersebut berada di Museum Petrie di London, Inggris.

3. Piramida Terbanyak Bukan di Mesir

Mesir memang terkenal dengan Piramidanya namun bukan berarti Mesir memiliki Piramida terbanyak. Berdasarkan informasi dari search engine, piramida terbanyak justru berada di Sudan (sekitar 240 piramida).

4. Cleopatra Bukan Orang Mesir

Fakta Tentang Mesir

Siapa yang tidak kenal dengan Ratu cantik yang satu ini. Ya, namanya adalah Cleopatra. Cleopatra adalah salah satu putri dari raja Ptolemy XII, firaun (raja) Mesir yang berkuasa pada tahun 80-58 SM dan 55-54 SM. Siapa yang sangka bahwa sebenarnya Cleopatra bukan berasal dari Mesir melainkan dari Yunani.

5. Piramida Bukan dibangun oleh Budak

Banyak yang menyangka jika Piramida di Mesir dibangun oleh budak Firaun. Ya memang pada saat itu Firaun memang yang berkuasa di Mesir namun sejatinya Piramida dibangun oleh para buruh atau pekerja. Budak dan Pekerja tentu saja berbeda, jika Budak maka tidak diberi upah sedangkan Pekerja mendapatkan upah. Beberapa bukti kuburan mesir kuno mengungkap bahwa terdapat penemuan makam pekerja di dekat makam raja Mesir yang menandakan bahwa para pembuat piramida adalah Pekerja karena mereka bisa membangun makam didekat raja Mesir Kuno.

6. Piramida Terbesar Bukan di Mesir

Meskipun Mesir terkenal dengan Piramida, namun siapa sangka bahwa Piramida terbesar bukan terletak di Mesir. Sejarah mencatat bahwa Piramida terbesar di Dunia adalah Piramida Cholula yang terletak di Mexico. Tinggi Piramida ini adalah 55 meter dengan luas 160.000 M2. Sebagai Perbandingan, Piramida Giza di Mesir memiliki luas sebesar 130.000 M2.

7. Kucing Hewan Keramat

Fakta Tentang Mesir

Kucing merupakan hewan keramat bagi bangsa Mesir Kuno. Bahkan pada zaman Mesir Kuno, hukuman untuk orang yang membunuh kucing adalah dibunuh.

Tags

About The Author

Damar Ramadhan 17
Novice

Damar Ramadhan

Seorang yang senang belajar hal baru, membaca, menulis, dan melakukan penelitian kecil. Saat ini saya bekerja sebagai Search Engine Optimization di salah satu perusahaan startup pendidikan dan juga pemilik web damar.my.id. Salam kenal :)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Damar Ramadhan