Wow! Google Cardboard Sekarang Tambah Mantap.

14 Jan 2016 16:50 1804 Hits 0 Comments
Tambah mantap karena adanya upgrade SDK.

Kardus Google atau yang lebih kita kenal dengan nama Google Cardboard yaitu sebuah headset Virtual Reality buatan Google sekarang ini sudah semakin canggih saja.

Perusahaan raksasa asal wilayah barat ini baru saja melakukan upgrade pada SDK-nya dengan tools baru untuk meningkatkan posisi dari audio-nya.

Dengan meningkatkan audio posisionalnya, Google yakin bahwa hal tersebut akan menghasilkan sebuah pengalaman yang jauh berbeda dari saat menggunakan kardus tersebut sebelumnya. Berdasarkan keterangan dari Google, kardus VR yang sudah di-upgrade ini sudah menggunakan teknologi audio yang dikembangkan oleh sebuah pengembang bernama Thrive Audio.

Thrive Audio sendiri adalah sebuah perusahaan Virtual Reality yang baru saja dibeli Google pada tahun lalu. Teknologi dari Thrive Audio ini memungkinkan perangkat Google Cardboard untuk memberikan suara yang lebih realistis lagi.

Sebagai tambahannya, pihak Google juga menambahkan bahwa pihaknya telah mengembangkan sebuah algoritma untuk mengadaptasi suara sesuai dengan lingkungan yang disimulasikannya.

Narthan Martz yang juga berkedudukan sebagai Product Manager dari Google Cardboard mengatakan bahwa banyak aplikasi yang hanya menghasilkan suara secara simpel dengan hanya mengeluarkan suara dari speaker kiri dan kanan saja.

Namun dengan teknologi yang baru saja di-update sekarang ini, Narthan Martz mengklaim bahwa suara yang dihasilkan sebuah aplikasi akan lebih terasa jelas seperti ketika seorang manusia mendengarkan suara dari lingkungan sekitarnya.

Selain itu, pihak Google juga mengklaim bahwa teknologi ini memiliki dampak minimum pada kerja CPU dari smartphone yang terpasang pada Google Cardboard. Karena menurut mereka, SDK ini sudah dioptimalisasi untuk bekerja dengan CPU dari perangkat smartphone.

Baru-baru ini, Google juga telah menambahkan sebuah dukungan untuk video 360 derajat dari YouTube pada produk Google Cardboard-nya yang dapat ditemukan di YouTube dengan mencarinya menggunakan keyword ‘#360video’. Dengan satu catatan, pencarian tersebut harus dilakukan melalui aplikasi YouTube yang dapat diunduh dengan gratis di Google Play Store.

Pertama kali dirilis pada tahun 2014 lalu, Google Cardboard adalah sebuah headset VR yang dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Selain itu, pembuatan dan perakitannya juga cukup mudah.

Update yang baru-baru ini dilakukan untuk perangkat Google Cardboard adalah sebuah bukti bahwa Google memang serius menggarap dunia Virtual-Reality; ditambah lagi pada awal minggu ini pihak Google juga telah membuat sebuah divisi tersendiri untuk Virtual-Reality.

 

 

 

 

Sumber: ndtv

Tags Google Berita

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel