HTC Diprediksi akan Gulung Tikar Akhir Tahun 2016

31 Dec 2015 13:50 1681 Hits 2 Comments
Kalau sampai discontinue, bagaimana nasib para pemilik HTC?

HTC yang kita kenal sebagai salah satu vendor smartphone ternama asal China dikabarkan akan mengurangi sebagian beban pekerjaannya dan menghentikan produksi beberapa model Smartphone yang sudah dirilisnya selama ini sebagai salah satu strategi perusahaan untuk berfokus ke ranah smartphone kelas tinggi saja.

Hal ini sendiri dilakukan agar nantinya HTC dapat lebih baik lagi berkompetisi dengan vendor-vendor yang juga membuat smartphone canggih seperti Apple Inc dan Samsung Electronics.

Pengurangan beban pekerjaan ini sendiri sudah pernah dirapatkan setelah HTC mengalami kerugian di kuartal kedua dan kuartal ketiga tahun 2015 ini.

CFO dari HTC yang bernama Chialin Chang menyatakan bahwa apa yang dilakukannya sekarang ini akan diperpanjang hingga kuartal pertama di tahun 2016 mendatang.

HTC yang juga merupakan salah satu pioneer dunia Smartphone selama ini telah dianggap sebagai produsen smartphone yang tidak berpendirian, tidak orisinil dan tidak kompetitif oleh para pengamat industri smartphone.

Dari tahun ke tahun perusahaan ini telah mengalami kerugian saham akibat persaingan ketat antara vendor-vendor smartphone di kategori smartphone kelas tinggi seperti Apple dan Samsung.

Di tahun ini, harga saham dari HTC sendiri telah anjlok hingga 51 persen, dimana harga saham terakhir dari HTC sebelum penutupan turun hingga 1.69 persen dari sebelumnya.

Walaupun faktanya seperti itu, Chang bersikukuh mengatakan bahwa HTC selama ini masih kuat. Hal ini dibuktikan dengan kuatnya HTC di India dimana 20 persen penjualan smartphone yang harganya di kisaran 3 hingga 5 juta rupiah dikuasai oleh HTC.

Meskipun demikian, para pengamat masih tetap merasa pesimis dengan kelangsungan hidup dari perusahaan HTC, bahkan diantaranya ada yang memprediksi bahwa HTC hanya akan bertahan hingga kuartal ke-4 tahun 2016.

Hal ini juga didukung dengan pernyataan pengamat lainnya yang bernama Calvin Huang yang berasal dari SinoPac Securities, dimana ia menyatakan bahwa HTC akan terus mengalami kerugian di industri smartphone yakni dengan semakin turunnya harga saham HTC dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor sekelasnya seperti Samsung dan Apple.

 

 

 

sumber: Reuters

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel