ArcaBoard, Teknologi Impian yang Jadi Kenyataan

30 Dec 2015 13:48 1434 Hits 0 Comments
ArcaBoard adalah nama dari Hoverboard buatan ArcaSpace.

Hovering Board atau yang lebih dikenal dengan nama Hoverboard pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat di seluruh dunia lewat berbagai eksperimen di masa lalu.

Gadget canggih ini bahkan menjadi bagian dari film sci-fi yang namanya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, yaitu film dengan judul “Back to The Future.”

Lama terdiam menjadi sebuah teknologi impian yang sulit untuk diwujudkan, pada tahun 2015 ini Hoverboard akhirnya berhasil dihidupkan di dunia nyata.

Baru beberapa hari yang lalu di minggu keempat bulan Desember 2015 ini, ArcaSpace akhirnya telah meluncurkan prototipe Hoverboard pertama di dunia.

Dalam peluncuran tersebut, pihak dari perusahaan ArcaSpace juga mengkonfirmasi bahwa peluncuran Hoverboard ini menandakan bahwa hanya beberapa langkah lagi manusia akan dapat menempuh perjalanan jauh hanya dengan menggunakan Hoverboard.

Nama dari Hoverboard buatan perusahaan tersebut diberi nama ArcaBoard. Berbeda dari Hoverboard yang pernah kita lihat di film-film, ArcaBoard tidak memiliki desain yang futuristik dan tidak memiliki fitur-fitur ekslusif impian yang dapat mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Apa yang membentuk sebuah papan biasa ini sehingga menjadi sebuah Hoverboard adalah sebuah papan berukuran lebar yang didalamnya terdapat 36 buah kipas bertenaga listrik dan baterai yang dapat membawa seseorang dengan berat badan yang ringan hingga 6 menit dan seseorang dengan berat badan yang tinggi selama 3 menit.

Dan sesuai dengan pernyataan dari pihak ArcaSpace, papan melayang ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimal mencapai 20 kilometer per jam. Dan untuk bisa seperti itu, pengguna nantinya harus mensinkronisasikan terlebih dahulu smartphone miliknya dan ArcaBoard melalui aplikasi berbasis bluetooth agar nanti hoverboard tersebut dapat berjalan dengan stabil.

Hal ini sendiri terbilang sangat esensial karena tanpa adanya sinkronisasi tersebut, maka ArcaBoard akan memusatkan bobotnya di titik dimana pengendara berdiri sehingga Hoverboard tersebut tidak akan dapat melaju.

Tidak seperti kebanyakan prototipe Hoverboard yang mungkin pernah kita lihat atau pernah kita dengar, ArcaBoard dapat melayang dari tanah hingga ketinggian 12 inch atau sekitar 30 cm dari tanah.

Jika dibandingkan dengan Hoverboard Hendo, jarak dari ketinggian ini 12 kali lebih tinggi dari Hoverboard tersebut yang hanya dapat melayang dengan ketinggian 1 inch atau sekitar 2.5 cm.

Yang mungkin sekarang jadi PR bagi pihak pengembang dari Hoverboard bernama ArcaBoard ini adalah penggunaannya yang dapat dibilang “terlalu singkat,” dimana papan melayang ini hanya dapat beroperasi 6 menit saja untuk sekali charge yang membutuhkan waktu 6 jam pengisian.

Hal lain yang mungkin cukup mengejutkan adalah harga dari Hoverboard buatan perusahaan ArcaSpace ini sangat mahal. 

Dimana pada tahun 2016 mendatang, ArcaBoard akan dijual dengan harga 20 ribu dollar Amerika atau sekitar 276 juta rupiah, seharga rumah atau mobil baru.

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel