1

Naik Gaji ke 140 Juta, Facebook Memberikan Syarat bagi Para Pekerjanya

21 Dec 2015 11:54 2737 Hits 0 Comments
Salah satu usaha Facebook untuk mensejahterakan pegawainya

Belum lama ini, Facebook telah memberikan sebuah penawaran yang cukup menggiurkan bagi para pekerjanya yaitu dengan memberikan gaji setidaknya 10 ribu dollar Amerika dengan syarat bahwa para pekerjanya harus pindah rumah ke dekat kantor Facebook tersebut.

Untuk masuk kualifikasi sebagai pekerja yang mendapatkan gaji tersebut, para pekerja Facebook harus pindah ke dekat kantor Facebook dengan jarak maksimal 16km dari kantor yaitu di sepanjang One Hacker Way yang letaknya 48km di bagian selatan dari San Francisco.

Selain penghasilan sebesar 10 ribu dollar tersebut, Facebook juga menjamin bahwa pekerja yang sudah memiliki keluarga akan mendapatkan setidaknya 15 ribu dollar Amerika untuk biaya perumahan.

Usaha Facebook ini sendiri dilakukan untuk mengurangi sumber ketegangan di San Francisco, dimana arus dari para pekerja yang pergi ke Silicon Valley menggunakan bus privat cenderung membuat para penduduk yang memiliki penghasilan lebih kecil merasa inferior.

Akan tetapi, Silicon Valley sendiri saat ini sedang mengalami krisis kepemilikan rumah karena adanya proses gentrifikasi dimana banyak orang kaya yang pindah ke tempat tersebut sehingga meningkatkan harga sewa rumah hingga berlipat-lipat yang kemudian berdampak langsung ke pengusiran penduduk dengan pendapatan rendah yang tidak sanggup untuk membiayai hidupnya di tempat tersebut.

Dan jika Facebook masih bersikukuh untuk menjalankan programnya, maka hal tersebut hanya akan mempercepat proses gentrifikasi di wilayah-wilayah pemukiman sekitar, seperti kota East Palo Alto.

Facebook sendiri sepertinya tidak begitu peduli dengan hal tersebut. Karena berdasarkan pernyataan dari juru bicara Facebook, program yang mereka rancang ini memiliki fokus untuk mendukung kehidupan para pekerja beserta orang-orang yang berarti bagi pekerja tersebut di semua tingkat kehidupan.

Dengan munculnya rencana Facebook ini ke permukaan, banyak orang-orang yang mengejek bahwa rencananya ini adalah sebagai usaha Facebook untuk membuat para pekerjanya agar lebih banyak meluangkan waktu di kantor serta mengurangi biaya dari penggunaan bus privat.

Namun rencana Facebook tersebut sepertinya tidak akan berjalan dengan lancar, karena sebagian dari pekerja Facebook lebih memilih bermacet-macetan di jalan raya dibandingkan harus pindah ke Silicon Valley yang isinya adalah orang-orang sejenis mereka.

Penambahan gaji tersebut juga sepertinya malah akan menjadi bumerang bagi Facebook karena dengan memberikan tambahan tersebut, para pemilik lahan apartemen ataupun rumah di Silicon Valley berkemungkinan besar akan meningkatkan biaya sewa dari properti mereka.

 

 

 

sumber: Reuters

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel