1

Kutukan Diskon Gila Akhir tahun, ancaman bagi dompet kita

13 Dec 2015 17:42 1437 Hits 0 Comments
Diskon Gila akhir tahun mengancam kita 

Saya menulis ini sebenarnya adalah bentuk dari curhat pribadi, dan pengalaman melihat keadaan sekitar. Akhir tahun adalah surga belanja bagi siapa saja, barang barang di Mall baik Mall asli atau Mall yang berada di internet atau sering disebut dengan toko Online. Tidak tanggung tanggung biasanya pedagang atau pengusaha memberikan diskon yang “Gila” ingat gila disini memang susah untuk dideskrpsikan, bagi para Pengusaha atau pedagang “Gila” ini kadang bermakna ganda,saya tidak tahu sebenarnya berapa kalkulasi mereka kok berani-beraninya memberikan diskon sebesar itu,apakah mereka tidak takut rugi, tingkat kebingungan saya tentang diskon gila ini semakin menjadi jadi,alasannya saya sering melihat diskon di mall sebesar 90 %, diskon sebesar itu apa pedagang tidak rugi, kalau dihitung – hitung memang ya jelas rugi,tapi kenapa para pedagang tersebut malah berlomba – lomba memberikan diskon gedhe ghedean. Apakah mereka berlomba untuk rugi ?

Melihat dari sifat pengusaha atau prinsip ekonomi kelihatannya jalan menuju rugi adalah larangan bagi para pengusaya atau pedagang, dari kecil SMP saya sudah belajar tentang prinsip ekonomi yaiutu “ Modal sekecil kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya” jadi kalau pedangan memberikan diskon “Gila” pasti ada maksud lain, entah itu untuk apa? Saya tidak mau menebak apalagi berburuk sangka.

Sebagai seorang konsumen, siapa yang tidak akan tergoda dengan harga yang murah, jangankan bagi seorang kaum Hawa yang memang sudah ada dalam darah mereka kalau belanja bisa mengurangi stress, saya sendiri kalau melihat barang bagus dengan harga “Gila” pasti akan membelinya, walaupun saya sendiri kadang menyesal sampai rumah, Kenapa saya membeli barang ini ? padahal saya dirumah sudah mempunyainya, kenapa uangnya saya tidak ditabung untuk modal usaha masa depan saya, kadang saya heran pada diri sendiri kalau saya membeli barang di Mall pasti akan membeli diluar  kemampuan saya,misalnya saya menganggarkan pembelian barang seratus ribu, pasti budget yang keluar melebihi harga tersebut, kadang malah tidak membeli barang yang saya tuju malah membeli barang yang tidak jelas gara gara diskon “ Gila”. Jadi sebelum pergi ke mall terutama pada musim musim diskon seperti ini usahakan untuk tidak tergoda oleh aduhainya diskon “Gila” ingat belilah barang yang benar benar berguna. 

Tags opini

About The Author

supriyanto 55
Expert

supriyanto

Menyukai sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From supriyanto