Bersiaplah, Mailbox dan Carousel akan Ditutup Dropbox

8 Dec 2015 09:50 1375 Hits 0 Comments
Penutupan layanan ini bukanlah tanpa alasan.

Mungkin tidak banyak yang tahu, tapi pada tahun 2013 lalu, Dropbox yang sudah kita kenal sebagai penyedia layanan penyimpanan cloud, pernah mengakusisi sebuah aplikasi bernama Mailbox yang pada waktu itu adalah sebuah layanan email popular.

Namun, ada berita buruk khususnya bagi para penggunanya. Pasalnya, layanan aplikasi Mailbox akan segera ditutup pada awal tahun 2016 nanti, tepatnya pada tanggal 26 Februari 2016.

Walaupun hingga saat ini Mailbox memiliki ribuan para pengguna setia, munculnya keputusan untuk menutup layanan ini bukanlah hal yang mengejutkan.

Alasannya, sudah berbulan-bulan aplikasi Mailbox tidak mendapatkan pembaruan atau update yang ujung-ujungnya membuat para penggunanya pasrah dan menganggap bahwa tidak lama lagi layanannya akan ditutup.

Pada awalnya, ketika dua buah perusahaan tersebut bergabung menjadi satu perusahaan, mereka menyatukan visi dan tujuan mereka juga yaitu untuk membuat komunikasi antar penggunanya menjadi lebih baik.

Akan tetapi, setelah sekian lamanya bekerja sama, tim dari mailbox sadar bahwa tujuan yang pernah mereka cita-citakan ternyata mustahil untuk dicapai tidak seperti apa yang awalnya mereka pikirkan. Dalam sebuah pernyataannya tim Mailbox mengatakan, “kami sadar bahwa hanya ada sedikit hal yang dapat dilakukan sebuah aplikasi email untuk memperbaiki email secara mendasar.”

Selain aplikasi Mailbox, pihak Dropbox juga berencana untuk menutup sebuah aplikasi galeri video dan foto terintegrasi dengan namanya adalah Carousel yang dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2014.

Alasan ditutupnya Carousel adalah karena berdasarkan survey dan penelitian yang dilakukan oleh pihak Dropbox, para penggunanya lebih suka berinteraksi dengan file-file foto dan videonya langsung lewat Dropbox dibandingkan dengan menggunakan Carousel.

Setelah menutup aplikasi Carousel nanti, Dropbox akan mengintegrasikan Carousel ke Dropbox. Sehingga nantinya, Carousel yang sekarang ini adalah sebuah aplikasi yang terpisah dengan Dropbox, akan bersatu dan menjadi salah satu fitur penting pada Dropbox.

Menurut pihak Dropbox, secara resmi Carousel akan ditutup satu bulan setelah penutupan aplikasi Mailbox, yaitu pada tanggal 31 Maret 2016.

Apakah disini ada pengguna Mailbox atau Carousel? Kalau ada, bagaimana Anda menyikapi keputusan Dropbox ini?

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel