Fitur Baru Facebook Lagi-Lagi Meniru Aplikasi Lain

4 Dec 2015 11:08 2061 Hits 2 Comments
Facebook harus siap-siap terkena gugatan pelanggaran hak cipta.

Facebook yang juga menjadi sebuah media sosial terbesar di dunia, tidak henti-hentinya mengeluarkan fitur-fitur baru untuk memperkaya aplikasi tersebut demi menambah jumlah pengguna Facebook yang sekarang saja sudah mencapai 1.5 milyar pengguna aktif.

Fitur yang akan mulai dicoba pada para pengguna aktifnya yang berkisar 1.5 milyar pengguna di seluruh dunia adalah sebuah fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk merekam video yang kemudian ditayangkan langsung secara live di halaman facebooknya.

Bagi yang heran kenapa fitur ini belum ada di perangkat Anda, baik yang memiliki perangkat Android ataupun iPhone, fitur untuk merekam video kemudian menayangkannya secara live ini baru dites ke beberapa pengguna di Amerika Serikat pada hari kamis kemarin.

Media sosial terbesar di dunia yang bermarkas di Menlo Park, California ini juga tidak memberikan keterangan tentang kapan fitur terbaru dari facebook ini akan dapat digunakan oleh seluruh orang di dunia.

Terlepas dari hal di atas, fitur terbaru dari Facebook yang fungsinya untuk merekam video dan menayangkannya secara live ini adalah sebuah tantangan yang dilayangkan Facebook kepada fitur terbaru Twitter yaitu online messaging service bernama Periscope.

Selain itu, fitur terbaru Facebook ini juga adalah sebuah ancaman tersendiri bagi aplikasi populer lainnya bernama Meerkat yang fungsinya mirip dengan fitur Facebook untuk merekam video dan menayangkannya secara live ke lingkungan sosial.

Ini bukanlah kali pertama Facebook dalam meniru ide demi menjaga posisinya sebagai front runner dalam dunia digital. Contohnya adalah seperti di tahun-tahun lalu dimana Facebook meniru ide Twitter dengan menambahkan fitur hashtag pada aplikasinya.

Kemudian, Facebook juga telah meniru sebuah fitur dari Foursquare yaitu fitur “check in” dimana jika kita telah sampai di suatu tempat dan ingin memperlihatkannya ke orang lain, kita bisa memilih check in sehingga nantinya lokasi kita akan ditampilkan di media sosial.

Dan satu lagi peniruan yang dilakukan oleh Facebook adalah pada fitur yang bernama “Collage”  yang secara otomatis dapat merapihkan foto ataupun video yang diambil di dalam tempat yang sama atau acara yang sama kemudian ditampilkan dalam sebuah slideshow.

Konsep dari fitur di atas adalah hasil tiruan Facebook dari aplikasi Google+ milik Google yang memang sudah lama dibuat oleh Google. Collage sendiri baru akan hadir ke hadapan para pengguna Facebook pada awal tahun 2016 mendatang.

Dan seperti yang terjadi pada Periscope, kemunculan fitur baru Facebook saat ini yang juga merupakan hasil meniru dari aplikasi lain dapat membuat media sosial raksasa tersebut terjerat gugatan pelanggaran hak cipta.

Lalu bagaimana kelanjutannya? Kita tunggu saja setelah Facebook benar-benar merilis fitur terbarunya ini secara global.

 

 

 

sumber: 10tv

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel