99% Saham Bernilai 45 Milyar Dollar ini Didonasikan

2 Dec 2015 16:09 1687 Hits 1 Comments
Donasi tersebut dilakukan Mark dan istrinya untuk kemanusiaan.

Tanggal 1 Desember tahun 2015, mungkin adalah sebuah hari yang cukup mengejutkan bagi sebagian orang yang memang mengikuti perkembangan teknologi internet.

Pasalnya, Mark Zuckerberg dengan istrinya Priscilla Chan pada awal bulan Desember ini telah mengumumkan sebuah pengumuman bahwa mereka berencana untuk mendonasikan 99 persen dari saham Facebook mereka demi kemajuan umat manusia.

Saham Facebook yang hingga kini sudah bernilai lebih dari 45 milyar dollar Amerika ini, menjadikan janji pasangan tersebut menjadi janji paling bersejarah sekaligus paling bernilai tinggi selama ini.

Uangnya sendiri akan disalurkan ke sebuah perusahaan bernama Chan Zuckerberg Initiative, yaitu sebuah perusahaan yang menurut pernyataan Facebook adalah sebuah perusahaan yang fungsinya adalah sebagai pemberi dana bagi organisasi non-profit, serta melakukan investasi pribadi dan berpartisipasi dalam debat soal kebijakan, dengan tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan dampak yang positif di setiap sektor yang memang membutuhkannya.

Menurut sebuah surat bernama SEC (Security and Exchange Commission) jumlah penuh dari donasi saham Facebook terus akan dilakukan secara bertahap selama masa hidup Mark Zuckerberg.

Di beberapa waktu ke depan, perusahaan yang sudah disebutkan di atas akan didonasi sebanyak tiga kali setahun dimana setiap tahunnya perusahaan Chan Zuckerberg Initiative akan mendapatkan 1 milyar dollar Amerika.

Keuntungan yang dihasilkan dari Initiative akan digunakan di kemudian hari untuk pekerjaan tambahan lainnya yang dapat mempercepat tujuan utama dibentuknya perusahaan ini mencapai golnya.

Sasaran atau gol dari dibentuknya perusahaan ini sendiri terfokus ke dalam dua hal utama, yaitu meningkatkan potensi dari umat manusia dan mempromosikan kesetaraan.

Tujuan yang pertama dapat diartikan sebagai “memperluas batas-batas tentang seberapa hebatnya manusia dapat hidup,” termasuk didalamnya kemajuan di bidang medis, kemajuan di bidang ekonomi, dan akses yang lebih ke berbagai informasi.

Kemudian tujuan yang kedua memiliki fokus untuk mengurangi tingkat kemiskinan di dunia, dan memberikan kedaulatan bagi grup-grup tradisional yang suaranya tidak terwakili.

Dan salah satu usaha untuk mencapai tujuannya tersebut telah dilakukan pasangan Mark Zuckerberg dan Chan Zuckerberg dengan mendonasikan 25 juta dollar Amerika untuk membantu memerangi penyakit Ebola dan penyakit umum lainnya seperti AIDS yang disebabkan oleh virus HIV dan juga polio.

Dan satu hal yang mungkin cukup mengejutkan adalah, bahwa proyek kemanusiaan dari CEO Facebook ini sendiri jika dicermati sangat mirip dengan Bill and Melinda Gates Foundation yang juga adalah organisasi kemanusiaan yang hartanya sendiri dibangun di Silicon Valley.

 

 

 

 

sumber: Reuter

Tags Facebook

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel