Smartphone 1.2 jutaan ini memiliki RAM 3GB

23 Nov 2015 09:48 1932 Hits 0 Comments
Perilisannya dikabarkan akan dilakukan pada bulan Desember 2015

Terlepas dari konflik antara Indonesia dan China soal pulau Natuna, hingga sekarang ini teknologi negara tirai bambu tersebut masih terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari semakin canggih dan murahnya smartphone-smartphone yang diciptakan vendor-vendor smartphone di China.

Alasannya mudah, hal ini adalah bentuk dari usaha negeri China untuk menjadikan smartphone sebagai salah satu komoditi utama China.

Salah satu smartphone yang sekarang sedang menjadi topik hangat di dunia gadget adalah smartphone yang terbilang sangat murah dengan spesifikasinya yang sebanding dengan smartphone 4 jutaan.

Nama smartphone tersebut adalah UMi ROME. Yaitu sebuah smartphone yang dibuat oleh UMi dengan harga yang sangat murah yakni, 1.2 juta rupiah saja.

Banyak yang berpikir bahwa dengan uang 1.2 juta rupiah, seseorang hanya dapat membeli sebuah smartphone dengan RAM paling besar 1GB atau 2GB saja, prosesor yang pas-pasan, body berbahan plastik, serta layar paling besar berukuran 5 inch.

Walaupun masih belum terkonfirmasi, dilansir oleh phonearena, bahwa smartphone bernama UMI ROME ini akan memiliki frame yang terbuat dari bahan metal di sepanjang pinggirannya dengan body yang mirip Xiaomi Note Pro dan Samsung Galaxy Note 5.

Untuk spesifikasi hardware dari smartphone ini sendiri, UMi ROME memiliki ukuran layar sebesar 5.5 inch dengan resolusi HD (720x1280 pixel) dan layar menggunakan AMOLED 267 ppi.

Di bagian dalam UMi ROME, sebuah chipset octa-core buatan MediaTek dengan arsitektur 64-bit menjadi sumber tenaga dari smartphone ini. RAM yang digunakan oleh smartphone ini juga tidak seperti kebanyakan smartphone lain yang memiliki harga yang sama. Jika pada smartphone sekelasnya hanya menggunakan RAM dengan kapasitas 1GB hingga 2GB; pada UMi ROME ini, RAM yang digunakan untuk mendukung aktivitas penggunanya adalah RAM dengan kapasitas 3GB.

Dengan resolusi 720p, prosesor octa-core dari MediaTek, dan RAM 3GB smartphone ini dijamin dapat berfungsi secara lancar dalam penggunaan berat sekalipun.

Jika standar memori internal dari sebuah smartphone seharga 1.2 jutaan adalah 4GB hingga 8GB saja. Pada UMi ROME, memori internal yang terpasang di smartphone ini adalah memori internal berkapasitas 16GB.

Namun hingga dibuatnya berita ini, belum ada kabar soal apakah memori pada smartphone ini sudah mendukung ekspansi atau penggunaan MicroSD atau tidak.

Di bagian belakang smartphone ini, kita bisa menemukan sebuah kamera Sony IMX164 13MP dengan lampu flash dual-led yang tentunya dapat memberikan pengalaman terbaik dalam mengambil foto meskipun pada smartphone dengan harga yang sangat murah.

Pada bagian depan smartphone ini, kita bisa menemukan kamera yang mungkin tidak begitu cocok digunakan untuk selfie sekarang ini, yaitu sebuah kamera 2MP.

Walaupun sistem operasi pada UMi ROME ini sudah menggunakan Lollipop 5.1 yang menurut pendapat dari kebanyakan orang adalah sebuah sistem operasi yang boros baterai, dengan baterai sebesar 2.500 mAh yang ditanamkan pada smartphone ini, hal tersebut mungkin tidaklah begitu menjadi masalah lagi.

Dilansir kembali oleh phonearena, dari hasil jumpa pers yang dikirimkan pihak UMi ke pihak phonearena, smartphone UMi ROME ini dikabarkan akan segera dirilis bulan depan di China.

Bagi yang belum mengenal smartphone ini, vendor asal China ini adalah salah satu dari banyak vendor smartphone kecil yang memang terlihat memiliki masa depan cerah seperti OnePlus yang terkenal dengan produk Oneplus One-nya.

 

 

 

sumber: Phonearena

 

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel