Nama Laba-Laba ini Berasal Dari Karakter Film Kolosal

23 Nov 2015 08:55 1767 Hits 0 Comments
Film tersebut adalah film "Lord of The Rings"

Para peneliti di negara Brazil, baru-baru ini telah menemukan sebuah laba-laba baru. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa laba-laba yang baru saja ditemukan tersebut adalah spesies baru dari laba-laba troglobitic harvestmen.

Namun, yang lebih mengejutkan lagi adalah penamaan dari laba-laba ini. Bagi yang pernah menonton film Lord of The Rings pasti tahu tentang suatu makhluk yang diberi nama Smeagol. Laba-laba yang baru ditemukan oleh para peneliti ini juga ternyata diberi nama Smeagol, atau lebih tepatnya landumoema smeagol.

Laba-laba ini diyakini hanya dapat ditemukan di goa-goa yang berada di Minas Gerais; yaitu sebuah wilayah di Brazil bagian selatan. Dan selain nama dari laba-laba ini yang cukup mengejutkan, ternyata smeagol juga adala spesies laba-laba pertama yang buta pada genus ini.

Hal ini juga didukung dengan pernyataan dari Norman I. Patrick, yaitu seorang Arachnologist atau ahli laba-laba yang sudah mempunya nama di salah satu museum di New York.

Jika dilihat sekilas, laba-laba ini terlihat sangat kurus dengan kakinya yang panjang. Selain itu, warna emas dari tubuhnya tidak memancar atau terlihat pucat.

Salah seorang dari peneliti laba-laba tersebut, Ricardo Pinto-da-Rocha, mengatakan bahwa tempat dimana laba-laba tersebut tinggal adalah sebuah wilayah di Minas Gerais yang tidak terlindungi sehingga rentan terhadap penebangan dan eksplorasi mineral liar.

Berawal dari situ, Ricardo bersama kolega-koleganya memutuskan untuk melakukan penelitian jangka panjang terhadap laba-laba bernama landumoema smeagol ini, yang juga sebagai bentuk usaha mereka untuk menciptakan lingkungan konservatif untuk spesies laba-laba tersebut, dan jika mungkin wilayah yang benar-benar terlindungi hingga ke sekeliling goanya.

Alasan pemberian nama Smeagol oleh para peneliti ini adalah karena kesamaan laba-laba ini yang juga adalah penghuni goa dengan warna kulit yang pucat.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Christopher Buddle yang juga adalah ahli laba-laba yang berasal dari Universitas McGill di Kanada dengan mengatakan “its name matches its biology” yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, nama dari laba-laba tersebut memang pas dengan struktur biologi dari laba-laba tersebut.

 

 

sumber: nationalgeographic, nypost

Tags Berita Sains

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel