Mencoba Bangkit, Google+ Mengubah Tampilannya

19 Nov 2015 11:06 1773 Hits 0 Comments
Perubahan Google+ tersebut terlihat cukup Signifikan.

Setelah sekian lamanya dan tidak begitu “booming”, salah satu produk Google yaitu situs jejaring sosial Google+ (dibaca Google Plus) telah melakukan makeover yang cukup signifikan.

Makeover yang dilakukan oleh Google+ sekarang lebih berfokus ke komunitas dan ‘Collections’. Hal ini dikarenakan pihak Google menganggap bahwa suatu layanan media sosial di zaman sekarang ini harus lebih berfokus pada mobile karena pengguna smartphone seperti perangkat Android atau iOS tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan mereka pengguna perangkat desktop seperti laptop ataupun PC.

Perubahan pada Google+ juga adalah sebagai bentuk pernyataan dari Google bahwa seharusnya, media sosial itu membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah dan bukannya menjadi tambah bingung.

Perubahan yang dilakukan Google+ ini membuat media sosial yang memiliki tujuan untuk mengalahkan Facebook ini terlihat lebih sederhana dan simpel. Hal ini dikarenakan fokus dari Google+ sudah terfokus pada satu kategori saja yakni, Interests.

Selain itu berdasarkan apa yang tertulis di blog milik Google, media sosial miliknya ini sudah lebih bersahabat dengan perangkat smartphone. Artinya, bagi Anda pemilik perangkat smartphone yang sempat kecewa dengan Google+ karena tampilannya, sekarang mungkin tidak akan kecewa lagi.

Lalu, fokus kedua dari Google+ ini adalah Collections.

Update ini sebenarnya sudah ada sejak bulan Mei 2015 lalu. Fitur ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk men-share sebuah konten dengan mudah. Mungkin jika dilihat lebih cermat lagi, fitur ini seperti gabungan dari fitur share milik Facebook dan Pinterest.

 

Untuk desain dari tampilan antarmuka dari Google+ sendiri, Google saat ini bekerja sama dengan seorang desainer interface ternama yaitu Luke Wroblewski yang juga adalah pendiri perusahaan startup berupa situs polling bernama Polar dimana perusahaan tersebut telah diakusisi oleh Google pada tahun 2014 lalu.

Dalam sebuah posting Luke Wroblewski di akun Google+ miliknya, ia mengungkapkan bahwa update untuk Google+ hadir dengan berbagai peningkatan seperti optimasi mesin pencari di dalam Google+, optimasi bagai mana pengguna menulis sesuatu, juga optimasi tentang bagaimana pengguna terhubung dan men-follow orang lain dan juga topik yang sedang hangat atau ramai dibicarakan.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pada update terbaru Google+, performanya sudah tidak bermasalah lagi.

Para pengguna yang ingin mencoba Google+ ini dapat langsung login ke Google+ dengan menggunakan aku miliknya. Setelah login, ketika muncul jendela dengan dua pilihan, pilih “Let’s Go” untuk melanjutkan ke Google+ yang sudah berubah.

Satu catatan, bahwa Google+ versi baru ini baru dapat digunakan pada PC atau laptop saja. Karena updates untuk perangkat Android dan iOS baru akan di rilis beberapa hari ke depan.

 

 

 

 

sumber: TechTimes

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel