Bersiaplah, Tidak Lama Lagi Twitter Semakin Berwarna

17 Nov 2015 12:14 1408 Hits 0 Comments
Fitur emoji akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat ini.

Jika beberapa waktu yang lalu Twitter sempat membuat beberapa penggunanya terkejut karena mengganti tombol “favorite” dengan tombol berbentuk ikon hati, fitur lainnya yang juga berupa ekspresi-ekspresi atau yang lebih kita kenal dengan emoji akan diimplementasikan pada media sosial dengan ikon burung ini.

Dilansir oleh The Verge, seorang pengguna Twitter bernama Ninji menyadari bahwa ia dapat memilih beberapa emoji seperti ekspresi muka mengkerut dan petasan yang biasa digunakan di pesta-pesta seperti pesta ulang tahun.

Bersiaplah, Tidak Lama Lagi Twitter Semakin Berwarna

Dan pengguna tersebut mengatakan bahwa ia dapat menggunakan fitur ini karena Twitter pada perangkat iOS miliknya telah di “patch” agar dapat secara paksa mengaktifkan semua fitur yang ada pada Twitter untuk pengguna tertentu.

Twitter pernah mengumumkan bulan ini bahwa pihaknya telah mengganti ikon bintang yang biasanya berfungsi untuk memfavoritkan sesuatu menjadi ikon hati untuk mengungkapkan bahwa seorang pengguna Twitter menyukai sesuatu dibandingkan dengan memfavoritkan sesuatu.

Penggantian ini sendiri disebabkan oleh survey dari pihak Twitter yang menyimpulkan bahwa banyak pengguna baru Twitter yang bingung tentang fungsi dari tombol ikon berbentuk bintang tersebut. Selain itu, Twitter juga menyadari satu hal bahwa para pengguna Twitter mungkin menyukai banyak hal yang di Tweet oleh seseorang, namun tidak semua yang disukai tersebut adalah favorit mereka.

Alasan Twitter menggunakan ikon “hati” sendiri dikarenakan ikon tersebut sudah dikenal secara universal oleh semua masyarakat di berbagai belahan dunia. Menurut product manager dari Twitter bernama Akarshan Kumar, “Ikon berbentuk hati itu lebih ekspresif karena ikon tersebut membuat Anda dapat mengungkapkan berbagai jenis emosi dan memudahkan Anda terhubung dengan orang lain.”

Jika sekarang ini Twitter, memperkenalkan emoji untuk mengekspresikan pilihan ekspresi hanya dengan sebuah klik pada sebuah ikon saja, tidak menutup kemungkinan bahwa Twitter dengan ikon “hati” miliknya dapat mengejar kepopuleran dari emoji dan gambar berformat GIF untuk secara cepat terhubung dengan orang lain pada media sosial dan layanan kirim-mengirim pesan di seluruh dunia.

Bahkan universitas Oxford saja yang juga membuat kamus Oxford, menjadikan emoji “wajah dengan tangisan bahagia” sebagai Word of The Year untuk 2015, mereferensikan bahwa budaya emoji.

Yang mungkin jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah dengan implementasi emoji pada Twitter ini akan menambah kerumitan pada penggunaan Twitter? Karena hingga saat ini, kebanyakan para pengguna Twitter menggunakan media sosial tersebut dikarenakan media sosial tersebut memiliki kesan “Simple” bagi para penggunanya.

 

sumber: The Verge, USA Today

image: Twitter / @_Ninji

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel