Setiap Mendapat "Bullying", Wanita Muslim Ini Menyumbangkan 1$ Ke UNICEF

13 Nov 2015 11:16 2982 Hits 2 Comments
Susan Carland adalah nama Wanita dermawan ini.

Tindakan bullying di internet sekarang ini sangatlah marak terjadi. Hal ini dikarenakan ketika berseluncur di dunia maya, seseorang bisa menjadi ‘anonymous’ yang artinya disini bukanlah para hackers atau peretas, tapi identitas seseorang tersebut menjadi tidak dapat diketahui atau dipalsukan.

Seorang wanita muslim yang merupakan seorang akademisi asal Australia bernama Susan Carland, yang juga adalah istri dari sebuah acara talkshow yaitu Waleed Aly, mengumumkan janjinya dalam Twitter miliknya yang isinya menyatakan bahwa ia berjanji untuk menyumbangkan 1$ Australia untuk setiap pesan berupa hateful speech yang ia terima di media sosial Twitter dan Facebook miliknya.

Dilansir oleh Mashable yang mengutip berita dari Sydney Morning Herald, Susan menjelaskan bahwa ia cukup sering mendapatkan tweets dan pesan Facebook dari para pengguna akun anonymous atau yang tidak jelas identitasnya dimana pengguna akun-akun tersebut menghina Susan dengan mengatakan bahwa sebagai wanita muslim, ia adalah seorang wanita yang menyukai penjajahan, pembunuhan, perang dan seksisme.

Ancaman-ancaman lainnya pun ia terima seperti permintaan agar Susan segera meninggalkan Australia, berharap agar ia segera mati bahkan hingga hinaan terhadap penampilannya yang sedang menggunakan hijab. Selain itu ada juga fitnah yang mengatakan bahwa ia adalah seseorang yang mencoba untuk menguasai Australia dengan cara yang terselubung.

Ketika ia mencoba untuk memblokir orang-orang yang menyebar hate speech tersebut, disitulah ia menemukan ide tentang “menyumbangkan 1$ Australia kepada UNICEF, untuk setiap hate speech yang ia terima.”

Susan Carland berkata, “Saya rasa, saya harus secara aktif melakukan satu kebaikan untuk setiap satu hate speech yang saya terima.”

Secara mengejutkan, janji yang Susan Carland ungkapkan di Twitter tersebut mendapat banyak respon positif seperti dukungan dukungan dari berbagai kalangan yang memang sebelumnya belum pernah berkomunikasi sama sekali dengannya.

Sejak mendeklarasikan janjinya di Twitter pada bulan Oktober 2015 kemarin, Susan berkata bahwa ia telah menyumbangkan lebih dari 1000$ Australia ke UNICEF. Artinya, ada 1000 hate speech yang ia terima setelah sebulan lamanya ia mengucap janji tersebut di Twitter.

Masih belum diketahui apakah para haters anonymous tersebut telah berkurang atau belum. Namun satu hal yang pasti, bahwa mengubah suatu hal negatif menjadi hal yang positif adalah sesuatu yang seharusnya menjadi kebanggaan baik bagi diri Susan sendiri maupun orang lain yang mengetahui beritanya.

 

 

source: Mashable

Image: Twitter / Susan Carland

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel