Tidak Bisa Dikendarai, Nissan Juke ini Terbuat Dari Kertas

11 Nov 2015 11:17 2321 Hits 0 Comments
Seni origami Nissan Juke ini hadir untuk memperingati hari ulang tahun Nissan Juke yang ke-5

Sudah 5 tahun lamanya semenjak produsen mobil asal Jepang bernama Nissan meluncurkan mobil SUV/Crossover buatan mereka bernama Nissan Juke.

Dan dalam merayakan hari ulang tahun perusahaan tersebut, pihaknya merayakan ulang tahun ke-5 ini secara spesial. Hal “spesial” ini ditandai dengan dibuatnya sebuah origami Nissan Juke yang ukurannya sebesar Nissan Juke aslinya.

Hal ini tentunya terlihat berbeda dan spesial, karena sebuah manufaktur pembuatan mobil biasanya merayakan ulang tahun dari produk best-seller milik mereka dengan mengeluarkan edisi baru dengan warna berbeda ataupun dengan aksesoris tambahan.

Nissan, yang ingin terlihat berbeda memutuskan untuk memperkerjakan seniman Origami dari Inggris bernama Owen Gildersleeve untuk membuat sebuah Origami dengan skala 1:1 untuk memperingati hari ulang tahun ke-5 dari Nissan Juke tersebut.

Menurut Owen sendiri, yang menjadi tantangan dalam pembuatan origami ini adalah tidak adanya garis-garis lekukan. Namun menurutnya, hal tersebut bisa diakali.

Hal pertama yang ia dan timnya lakukan adalah dengan membuat frame atau kerangka dasar dari mobil tersebut sebelum akhirnya para seniman kertas lipat tersebut memulai membuat lapisan untuk bagian body-nya.

Kesulitan yang mungkin dihadapi selain dalam mereproduksi bagian body-nya secara sempurna adalah pembuatan ban dari Nissan Juke yang jari-jarinya cukup rumit untuk direproduksi oleh kertas. Namun dengan ketelitian serta kerjasama tim, akhirnya ban dari origami Nissan Juke tersebut telah berhasil dibuat.

Tapi setelah berhasil membuat ban tersebut, Owen dan timnya sempat khawatir bahwa ban yang mereka buat itu melanggar hak cipta dari sebuah game balapan yang dibuat oleh SEGA bernama Daytona USA.

Setelah lama berdiskusi akhirnya, mereka sampai pada kesimpulan bahwa ban pada Nissan Juke memiliki lisensi mereka sendiri sehingga, kemiripan dari ban tersebut tidak akan membawa masalah.

Setelah selesai memasang keempat ban yang terbuat dari kertas tersebut, sentuhan akhir dilakukan Owen dan timnya pada origami Nissan Juke tersebut. Yaitu dengan memasangkan insignia (lambang) kebanggaan nissan di bagian depan dan belakang dari origami tersebut.

Satu kabar yang cukup disayangkan adalah bagi Anda yang ingin melihat origami ini secara langsung, Anda harus mengunjungi showroom Nissan yang berada di Inggris. Karena origami ini memang hanya dibuat satu buah saja, sehingga tidak tersedia di showroom lainnya baik itu showroom di negara Jepang ataupun showroom di Indonesia.

 

Berikut adalah video time-lapse dari proses pembuatan origami Nissan ini.

 

via ITmedia

 

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel