1

Rudal Korea Utara ini Dapat Menjangkau Amerika Serikat

4 Nov 2015 16:15 5795 Hits 2 Comments
nama rudalnya adalah KN-08 dan Taepo Dong 2

Apa yang Anda ketahui tentang Korea Utara?

Mungkin kebanyakan orang yang tahu soal negara tersebut akan menjawab Kim Jong-un.

Dilansir oleh Business Insider, Korea Utara pada saat ini sudah memilik jenis rudal balistik yang diperkirakan mampu untuk mencapai Amerika Serikat dan negara-negara bagiannya di sekitar samudera Pasifik.

Laporan tahunan tentang informasi militer dari tiap-tiap negara pun menyatakan bahwa rudal balistik Taepo Dong 2 ini sebagai rudal yang dapat mengancam Amerika Serikat dan aliansinya dari berbagai belahan dunia.

Kemudian, berita yang dilansir oleh situs heritage juga menyatakan bahwa ancaman dari senjata bertenaga nuklir dan negara-negara otoriter anti Amerika hanya akan semakin rumit pada tahun 2016 nanti.

Pyongyang yang juga merupakan ibukota dari Korea Utara saat ini sedang terus mengembangkan jarak jangkauan dari rudal tersebut. Disaat yang sama, rezim yang sedang berkuasa disana juga sedang mempersiapkan cara untuk membuat hulu ledak berukuran kecil yang dapat dipasangkan pada bagian atas dari Taepo Dong 2.

Jika digambarkan, inilah jarak jangkauan rudal-rudal yang dapat diluncurkan dari Pyongyang dari yang terjauh di sebelah kanan yaitu Taepo Dong 2 dengan jarak jangkauan hingga 10.000km, hingga yang terdekat dengan nama Scud dimana jarak jangkauannya hanya 500km.

Berdasarkan informasi dari situs heritage, pada saat ini Korea Utara adalah ancaman bagi Korea Selatan, Jepang, dan markas-markas militer Amerika Serikat di Asia. Hal ini dikarenakan Korea Utara memiliki setidaknya 400 rudal Scud, 300 No-Dong, 100 hingga 200 Musudan.

Sedangkan untuk Taepo Dong 2 sendiri yang juga merupakan rudal interkontinental, sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan. Namun, seandainya rudal tersebut diluncurkan berarti Korea Utara telah berhasil membuat hulu ledak nuklir berukuran kecil.

Yang sampai saat ini merupakan ancaman terbesar dari Korea Utara adalah rudalnya yang bernama KN-08. Rudal ini jarak tempuhnya masih di bawah Taepo Dong 2. Tapi, tidak seperti Taepo Dong 2 yang masih dalam tahap pengembangan, rudal ini sudah siap diluncurkan kapanpun pemerintah Korea Utara inginkan sejak bulan April 2015 lalu.

Menurut para ahli Korea Utara bernama John Schilling dan Henry Kan, rudal KN-08 yang dimiliki Korea Utara saat ini, dapat menempuh jarak hingga 5,600 mil. Dengan jarak sejauh itu, rudal ini dikatakan dapat menghancurkan wilayah West Coast dari Amerika Serikat.

Walaupun seperti itu, mereka juga berpendapat bahwa rudal tersebut dirasa tidak memiliki tingkat akurasi yang dapat menarget kota-kota besar di Amerika Serikat. Dan walaupun pihak Korea Utara berhasil mengembangkan sebuah sistem yang dapat meningkatkan akurasi dari rudal tersebut, Amerika Serikat masih memiliki rudal pertahanan yang dapat menghancurkan roket tersebut di udara, atau sebelum roket tersebut menyentuh tanah Amerika.

 

image: business insider, reuters, heritage.org

Tags populer Unik

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel