TalkTalk Terkena Hack, Pelakunya Adalah Remaja 15 Tahun

27 Oct 2015 15:17 1358 Hits 0 Comments
Akibat peristiwa ini TalkTalk mengalami kerugian hingga 360 juta poundsterling.

Pada hari senin kemarin, atau tepatnya pada tanggal 26 Oktober 2015, seorang anak warga Irlandia Utara ditangkap oleh pihak kepolisian lokal atas tuduhan hacking atau serangan yang dilakukan terhadap sebuah situs penyedia layanan broadband bernama TalkTalk yang letaknya ada di Inggris.

Diduga tindakan hacking yang dilakukan oleh remaja berusia 15 tahun ini berujung ke pencurian data-data pribadi para pelanggan yang menggunakan TalkTalk, dimana jumlah pelanggan TalkTalk hingga saat ini sudah mencapai 4 juta pengguna.

Tindak peretasannya sendiri dilakukan pada hari Rabu, 21 Oktober 2015 kemarin.

Sebagai perusahaan penyedia layanan broadband tersebut, pihak TalkTalk juga mendapatkan banyak tuduhan yang salah satunya adalah tuduhan tentang kurang ketat dan tingginya tingkat keamanan pada perusahaan tersebut.

Menanggapi hal ini, pihak perusahaan tersebut tentunya menepis tuduhan tersebut, karena menurut mereka, tingkat keamanan yang perusahaan mereka miliki sudah cukup sempurna melindungi dari “kepala hingga badan.” Sehingga sangatlah kecil bagi seseorang untuk membobol database dari perusahaan ini.

Untuk tersangka yang diduga melakukan tindak peretasan sendiri sudah diamankan dan ditahan di kantor polisi County Antrim. Untuk informasi penahanan ini sendiri, pihak TalkTalk telah mengkonfirmasi tentang penahanan tersangka melalui juru bicara wanitanya.

“Kami sangat berterimakasih atas kegesitan dan kerja keras pihak berwajib dalam menanggulangi kasus ini. Untuk kedepannya, pihak kami (TalkTalk) akan terus membantu dalam penyelidikan yang berkaitan dengan kasus ini,” kata juru bicara wanita dari pihak TalkTalk.

Bahkan pada hari minggu kemarin (25 Oktober 2015), pihak TalkTalk telah membayar perusahaan perlindungan sistem BAE untuk membantu mengungkapkan tindak kejahatan cyber ini.

Kerugian yang diderita pihak TalkTalk atas peristiwa ini mencapai 360 juta poundsterling atau sekitar 12 persen dari total saham yang dimiliki perusahaan ini. Selain kerugian material yang cukup besar, kerugian lainnya yang diterima pihak TalkTalk adalah kemarahan para pelanggannya yang berujung hilangnya kepercayaan mereka terhadap pihak TalkTalk.

Dan mungkin, dampak lain dari serangan pada pihak TalkTalk ini adalah keragu-raguan pihak parlemen di Inggris yang tentunya akan menentukan pihak TalkTalk nanti kedepannya.

Tags Teknologi

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel