1

Inilah Lima Fitur Unggulan Sistem Operasi iOS 9

9 Jun 2015 15:00 3498 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem Operasi iOS 9 hadir dengan desain yang tak berbeda tetapi memiliki lima fitur unggulan yang sangat baik

Sistem Operasi iOS 9 -Tidak hanya pengumuman tentang OS X El Capitan, ajang Worldwide Developer Conference atau WWDC 2015 juga jadi ajang perkenalkan sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile, iOS 9. Dan sudah bisa ditebak, bahwa Apple menghadirkan iOS 9 dengan beragam fitur  yang tentunya lebih baru dibandingkan sebelumnya.  Hanya untuk iOS 9 ini desainnya tidak berbeda jauh dengan iOS 8. Tampaknya, Apple berusaha lebih menghadirkan pengalaman baru lewat fitur-fiturnya dibandingkan dengan tampilan desain semata. Lantas, fitur apa saja yang tersemat pada iOS 9? Berikut penjelasannya.

 

1. Kemampuan Siri yang Meningkat  

Siri adalah aplikasi asisten virtual pintar yang kemampuannya tidak kalah dengan Google Now. Penggunaan Siri meningkat seiring banyaknya pengguna gadget iOS. Tercata, lebih dari 1 milyar pencarian menggunakan Siri.  Karena hal ini, Apple menyematkan fitur-fitur terbainya untuk Siri. Fitur tersebut adalah Proactive. Dengan fitur ini, pengguna iOS bisa mengetahui durasi perjalanan ke suatu tempat dengan memerhatikan kondisi jalanan, seperti lalu lintas menju tempat yang dituju.  Fitur lainnya adalah pemindaian surat elektronik atau e-mail pada perangkat iOS yang memungkinkan pengguna  bisa menebak panggilan masuk dari nomor yang tidak diketahui. Fitur-fitur terbarunya ini tentu membuat Siri memiliki kemampuan yang lebih baik meskipun tampaknya kemampuan ini mirip dengan Google Now.

Inilah Lima Fitur Unggulan Sistem Operasi iOS 9
2. Membuat Gambar dengan Notes

Notes biasanya hanya digunakan untuk mencatat hal-hal penting saja. Aplikasi ini juga hanya digunakan untuk mengetik daftar atau hal lain yagn tidak memerlukan jumlah kata yang banyak. Biasanya, pengguna lebih memilih menggunakan aplikasi pengolah kata untuk menulis panjang dan bukan Notes. Aplikasi pengolah kata tentu lebih menawarkan kemampuan yang baik. Tapi, di iOS 9, Notes memiliki fungsi yang lebih. Tidak hanya untuk mencatat hal-hal sederhana, Notes iOS 9 memiliki kemampuan membuat gambar sketsa hanya dengan gesture jari penguna. Memasukan gambar pada Notes juga bisa dilakukan. Tentu dengan fitur ini, Notes selangkah lebih maju dibandingkan hanya menulis daftar tertentu saja.


3. Peta yang Lebih Detail

Jika Android memiliki Google Maps, maka iOS memiliki Apple Maps. Aplikasi peta ini kini memiliki tampilan  visual yang lebih detail dalam menunjukan lokasi atau memberikan arahan kepada pengguna jika ingin mengunjungi suatu tempat tertentu. Yang menarik, di kota-kota besar dunia, seperti London, New York, Beijing, Berlin, dan San Fransisco,  Apple Maps hadir dengan kemampuan mengarahkan pengguna untuk menunjukan trasnportasi lokal tertentu.

 

4.  Shortcut Keyboard Virtual

Fitur baru ini sangat bagus untuk pengguna iPad. Pasalnya, keyboard virtual pada versi iOS sebelumnya tidak memiliki tombol jalan pintar layaknya keyboard fisik. Kini, pada iOS 9, pengalaman mengetik akan lebih baik dan menyenangkan lewat keyboard virtual yang hadir dengan shortcut umum. Shortcut umum dalam hal ini maksudnya adalah fungsi seperti menyalin (copy), memotong (cut),  dan juga melakukan tempelan (paste).

 

5. Multitasking Dua Tampilan

Fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk pengguna iPad yang sering menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Misalnya, ada beberapa pengguna yang sering berselancar di dunia maya sambil menyaksikan video. Ada juga pengguna yang  mengetik sambil berselancar atau mendengarkan musik. Tidak sedikit juga pengguna yang ingin lebih mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Nah, untuk itulah iOS 9 menjadi solusi terbaik untuk pengguna semacam ini. Lewat fitur bernama multitasking side-by-side, pengguna iPad bisa menyaksikan tampilan dua aplikasi yang berdekatan dalam satu layar. Satu tampilan pada bagian kanan dan satu tampilan pada bagian kiri. Contoh sederhannya, pengguna yang senang bermain games sambil melihat tutorialnya bisa melakukan hal ini. Bagian kiri layar misalnya menampilkan aplikasi games sementara bagian kanan layar menampilkan tutorial dalam memainkan game tersebut. Dengan begini, pengguna tidak perlu bolak-balik untuk sekadar memainkan games dan melihat tutorial kembali. Hal yang sama tentu bisa dilakukan untuk pengguna dengan penggunaan aplikasi lainnya.

Itulah lima fitur utama yang tersemat pada perangkat iOS 9. Sistem operasi yang satu ini tersedia bulan Juli 2015 untuk para pengembang. Sementara versi finalnya dirilis kemudian untuk berbagai perangkat seperti iPad 2 atau iPhon 4s ke atas. [HMN]

 

Tags iOS Apple

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel